Halo Bro

Covid 19 Tak akan Lagi Jadi Berita Menarik

oleh : Jani Ginting, SE, MM

loading...
Anjing gigit manusia, bukan berita. Manusia gigit anjing, itu baru berita. Kalimat tersebut kerap diulang guru saya ketika menekuni dunia komunikasi dan jurnalistik. Kenapa? tidak lain karena sudah terlalu banyak orang yang jadi korban gigitan anjing.

Fakta anjing menggigit manusia adalah sudah menjadi sesuatu yang biasa dan tidak memiliki magnit atau daya tarik bagi pembaca atau pendengar.  Beda dengan manusia gigit anjing (bukan makan anjing). Tentu menjadi suatu berita yang menarik.

Namun, ini masih memiliki pengecualian. Jika yang digigit anjing adalah pejabat atau publik figur lainnya, masih sangat layak jadi berita, dan menarik untuk dicermati informasinya.

Hal yang hampir sama adalah kecelakaan lalu lintas. Ini juga bukan lagi sesuatu yang menarik atau layak dijual sebagai berita. Ini dikarenakan kecelakaan lalulintas sudah terlalu sering dan sudah dianggab sebagai hal biasa. Terkecuali, yang terlibat dalam kecelakaan adalah publik figur lainnya, baru informasinya layak dijual ke publik.

Masyarakat sudah jenuh setiap hari dijejal berita covid 19

Pandemi Covid 19 pun sepertinya akan seperti kasus anjing dan kecelakaan tersebut. Masyarakat sudah jenuh setiap hari dijejal berita covid 19. Puncak kejenuhan juga didorong karena tidak ada yang memastikan kapan akan tuntas, ditambah kondisi ekonomi yang semakin merosot.

Hal tersebut akan mendorong warga tidak peduli dengan berita perkembangan covid 19 dan juga tidak tertarik membaca berita tentang itu dan memilih tetap menjalani hidup dengan tetap semaksimal menjaga kesehatan.

Sama seperti hati-hati menjalankan kendaraan di jalan raya supaya tidak sampai kecelakaan atau hati-hati jalan di lingkungan supaya tidak digigit anjing.

Klimaksnya, covid 19 tak akan lagi menjadi berita menarik, walau korbannya tetap akan terus berjatuhan. Sama dengan korban digigit anjing dan kecelakaan lalulintas yang tetap ada.

 

  • Penulis adalah wartawan senior dan praktisi perumahsakitan
loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Back to top button
Close
Close