Berita UtamaBisnisBogorianaNews

Gegara Dinonaktifkan NIK DKI Jakarta, Kabupaten Bogor Siap Tampung Ribuan Warga Jakarta

Disdukcapil Kabupaten Bogor Telah Layani 13 Ribu Warga Jakarta Pindah ke Bumi Tegar Beriman

BRO. KABUPATEN BOGOR – Ribuan warga Jakarta diprediksi terus bertambah mengurus perpindahan dokumen kependudukan ke Kabupaten Bogor, sebagai dampak adanya kebijakan penonaktifan Nomor Induk Kependudukan (NIK) bagi warga Jakarta yang berdomisili di luar kota.

“Penonaktifan NIK DKI Jakarta, mungkin sebenarnya mereka sudah tinggal di Bogor tetapi belum mengurus perpindahannya dari DKI Jakarta,” jelas Kepala Disdukcapil Kabupaten Bogor, Hadijana

Diperoleh data, terhitung sejak Januari hingga April 2024, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bogor sudah melayani sebanyak 13 ribu warga Jakarta yang mengurus perpindahan dokumen kependudukan ke Kabupaten Bogor.

Dengan berbekal surat pindah dari wilayah asal Jakarta, ribuan warga yang sebelumnya berada di wilayah pinggiran Jakarta, dalam sepekan terakhir ini terlihat membludak antre di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bogor di Jalan Tegar Beriman Cibinong Bogor.

“Bermodalkan surat keterangan domisili asal tinggal, Pemkab Bogor melalui Disdukcapil Kabupaten Bogor langsung mencatat puluhan ribu warga pindahan dari Jakarta ke sejumlah wilayah sesuai ijin tempat tinggal pemohon di Kabupaten Bogor” ujar Hadijana.

Menurutnya jumlah warga Jakarta yang mengurus perpindahan dokumen kependudukan ke Kabupaten Bogor diprediksi masih terus bertambah hingga beberapa hari ke depan.

” Jadi, sepanjang ada masyarakat yang ingin mengurus perpindahan dokumen kependudukan , Kita bantu memberikan pelayanan pembuatan administrasi kependudukannya,” katanya.

Sementara pengakuan beberapa warga jakarta, mereka sebenarnya sudah bermukim di sejumlah wilayah Kabupaten Bogor terutama di daerah perbatasan dengan Jakarta seperti kawasan Timur dan Utara kabupaten Bogor. Namun diakui mereka belum mengurus perpindahan administrasi kependudukan di Kabupaten Bogor

Dibagian lain, Hadijana juga memaparkan data terakhir jumlah penduduk Kabupaten Bogor yang tercatat di Disdukcapil Kabupaten Bogor jumlahnya mencapai 5.558.885 jiwa.

Editor  : Adjet

Show More

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button