Berita UtamaFeatureKomunitas

Insan Kreatif Muda Bogor Lakukan Menanam Kembali

Gerakan Antisipasi Kelangkaan Pangan

loading...

BRO, Setelah galang donasi dengan cara yang kreatif, sekumpulan muda-mudi kreatif di Bogor yang tergabung di dalam gerakan Bogor Rise Against Corona atau Borac kini memulai gerakan ketahanan pangan dengan Gerakan Menanam Kembali.

Koordinator Borac Ricard Nando menjelaskan setelah fokus untuk penggalangan dana untuk sembako dan alat pelindung diri (APD), kini Borac membuat gebrakan baru dengan Gerakan Menanam Kembali. Ricard menjelaskan bahwa gerakan menanam kembali merupakan gerakan antisipasi bila ketersediaan pangan mulai langka.

“Permasalahan perut adalah masalah yang besar. Kami juga khawatir kalau nanti ada uang namun tidak ada yang bisa dibeli, untuk itu mari kita mulai menanam kembali dan mulai mandiri,” kata Ricard kepada¬†Si Bro di Bogor, Selasa (21/4/2020).

Koordinator Menanam Kembali Borac Gema Sastra Nasution menjelaskan bahwa menanam kembali dapat dilakukan oleh siapa pun dan di manapun. Tidak perlu lahan yang harus besar karena bisa memanfaatkan lahan-lahan tidur. Gema menambahkan bahwa area yang saat ini dimanfaatkan untuk menanam kembali hanya berukuran 80 meter persegi di lahan tidur wilayah Dalurung dan 200 meter persegi di Jalan Sore dekat Universitas Pakuan.

“Kami menanam sayur, cabai, tomat dan tanaman herbal yang dapat membantu memperkuat imun tubuh. Dan untuk makanan karbo, kami sedang menjalin kerja sama dengan KRKP yang punya dampingan petani di Pantura,” kata Gema.

Lebih lanjut, Gema menambahkan bahwa Gerakan Menanam Kembali yang dilakukan oleh Borac saat ini masih mandiri dan memiliki kendala mengenai bahan-bahan pertanian dari mulai benih, pupuk hingga alat-alat pertanian.

“Bagi kawan-kawan yang ingin berkolaborasi dengan menyumbangkan benih dan pupuk kami dengan senang hati menerima, apalagi pupuk organik, karena memang kami ingin memproduksi sayur mayur organik,” tambahnya.

Pada akhir wawancara, Ricard dan Gema mengajak masyarakat untuk berjuang bersama melawan corona, selain menjaga diri, bisa juga dengan berdonasi melalui borac-19.com atau juga memulai gerakan menanam di rumah masing-masing.

Penulis: Robby Firliandoko
Editor: Robby Firliandoko

loading...
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close