Berita UtamaNews
Trending

Longsor Terjang Leuwisadeng Bogor, Satu Tewas dan Puluhan Warga Mengungsi

loading...

BRO. Hujan deras yang mengguyur wilayah Bogor sejak Selasa (12/05/2020) malam mengakibatkan belasan rumah di Kampung Suruluk RT 01/11, Desa Wangun Jaya, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor rusak berat diterjang banjir dan longsor pada Rabu (13/05/2020) dini hari.

Akibatnya, Samsu, 48, warga RT 05/05, Desa Wangun Jaya, Leuwisadeng, Kabupaten Bogor yang sempat hilang saat kejadian ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

“Korban meninggal sudah di temukan tadi Pukul 10.50 WIB, sekarang korban langsung dibawa kerumah duka,” kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Budi Pranowo saat dikonfirmasi, Rabu (13/05/2020).

Lebih lanjut ia menjelaskan berdasarkan hasil assessment BPBD Kabupaten Bogor, bencana itu terjadi sekitar pukul 01.00 WIB. “Kita baru terima laporan pukul 05.00 WIB. Dari keterangan warga setempat banjir dan longsor itu lantaran hujan yang mengguyur wilayah sekitar cukup deras dengan intensitas tinggi,” katanya.

Terlebih kawasan tersebut kontur tanahnya cukup labil, sehingga saat hujan turun dengan intensitas tinggi mengakibatkan dataran tinggi gunung leutik longsor. “Sehingga menimbun rumah warga disekitar kaki Gunung Leutik,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Bogor, M Adam Hamdani menjelaskan hasil pendataan sementara jumlah rumah yang rusak akibat bencana itu sebanyak 14 unit dan dua bangunan fasilitas umum.

“Selain itu, karena dikhawatirkan terjadinya longsor susulan, terdapat peningkatan jumlah pengungsi yakni mencapai 69 kepala keluarga terdiri dari 242 jiwa. Sedangkan untuk korban luka sudah mendapat penanganan medis,” katanya.

Selain itu, pihaknya saat ini selain melakukan assessment, juga telah berkoordinasi dengan aparat setempat dan melakukan analisa di tempat kejadian perkara terkait potensi terjadinya longsor atau banjir susulan.

“Saat ini dilokasi kejadian pihaknya membutuhkan sejumlah kebtuhan pokok, khususnya untuk para pengungsi sebagai logistik tanggap darurat. Kondisi terakhir proses evakuasi untuk memulihkan situasi bekas longsoran dan banjir,” katanya.

Penulis : Redaksi Si Bro
Editor : Hari YD

loading...
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close