Berita UtamaNews

Sehari, Penambahan Kasus Positif Covid-19 di Bogor Raya Mencapai 24 Orang

Klaster Pasar Cileungsi Terbanyak

loading...

BRO. Hari ketiga penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) proporsional fase Transisi menuju New Normal di Kota dan Kabupaten Bogor (Bogor Raya) bukannya berkurang tapi malah terjadi lonjakan drastis sebanyak 24 orang.

Penambahan paling banyak terjadi di Kabupaten Bogor yakni 22 kasus, sedangkan Kota Bogor hanya 2 kasus. Padahal, dalam sepekan terakhir, kasus positif Covid-19 di kedua daerah ini tren kurva grafiknya hampir stabil, bahkan mengalami penurunan karena setiap hari ada saja pasien yang sembuh.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor Syarifah Sofiah menjelaskan berdasarkan data monitoring harian kewaspadaan penambahan 22 kasus positif itu sebagian besar dari Cileungsi yakni sebanyak 15 orang.

Baca Juga: Kasus Positif Covid-19 Melonjak, Klaster Pasar Cileungsi Jadi 16 Orang

“Data terbaru kasus Covid-19 di Kabupaten Bogor hari ini hingga pukul 19.00 WIB, Minggu (07/06/2020) kasus positif Covid-19 terbanyak berasal dari kecamatan Cileungsi yaitu 15 orang, sisanya 7 orang, rinciannya masing-masing dari Gunung Putri 2 orang dan Jonggol, Gunung Sindur, Bojonggede, Ciomas dan Cibinong masing-masing 1 orang,” paparnya, Minggu (07/06/2020) malam.

Ia juga menyebutkan untuk pasien sembuh dari kasus terkonfirmasi positif bertambah 1 orang. Tak hanya itu, kasus dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang meninggal juga bertambah satu orang.

“Bahkan, peta sebaran zona merah juga jadi bertambah, yang semula 20 kecamatan, sekarang jadi 21, karena 1 dari 22 kasus baru positif berasal dari Kecamatan Jonggol yang sebelumnya nihil kasus positif,” ungkapnya.

Baca Juga: UPDATE: Klaster Pasar Cileungsi Sumbang Kasus Positif Covid-19 Terbanyak di Kabupaten Bogor

Tak hanya itu, kata dia, banyaknya kasus positif dari Cileungsi, 7 diantaranya penambahan dari klaster Pasar Cileungsi yang sebelumnya ditemukan 16 kasus. Sehingga total kasus positif klaster Pasar Cileungsi bertambah jadi 23 orang.

“Maka total kasus positif Covid-19 di Kabupaten Bogor hingga saat ini mencapai 246 orang, dengan rincian yang masih dalam perawatan atau positif aktif 179 orang, sembuh 50 orang dan meninggal 15 orang,” ungkapnya.

Sedangkan untuk kasus PDP total berjumlah 1682 orang, terdiri dari selesai 1223 orang, masih dalam pengawasan 344 orang dan meninggal dunia 115 orang. “Kemudian kasus dengan status Orang Dalam Pemantauan (ODP) juga bertambah jadi 1625 orang dengan rincian selesai 1346 orang dan masih dalam pemantauan 279 orang.

Baca Juga: Kasus Positif Covid-19 di Bogor Raya Bertambah 4 Orang

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor Sri Nowo Retno menyebutkan berdasarkan data monitoring harian tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bogor hingga pukul 14.00 WIB, tercatat jumlah kasus positif mencapai 117 orang.

“Hari ini jumlah pasien terkonfirmasi positif bertambah 2 kasus, sedangkan pasien yang sembuh, dan meninggal hari ini tetap tidak ada penambahan,” jelasnya dalam keterangan pers tertulisnya, Minggu (07/06/2020).

Baca Juga: Jelang New Normal, Kota Bogor Nihil Penambahan Kasus Positif Covid-19

Ia merinci, dari 117 total kasus positif Covid-19 hingga saat ini pasien yang masih dalam perawatan sebanyak 44 orang, sembuh 58 orang dan meninggal 15 orang. “Sedangkan untuk kasus dengan statusPasien Dalam Pengawasan (PDP) terjadi penambahan 2 kasus, sehingga totalnya menjadi 78 kasus,” katanya.

Kemudian untuk kasus dengan status pasien Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 60 kasus, ada pengurangan sebanyak 12 orang. “Sedangkan kasus dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG) ada penambahan sebanyak 9 kasus sehingga jumlah total kasusnya mencapai 42 orang,” jelasnya.

Penulis: Redaksi Si Bro
Editor: Hari YD

loading...
Tags

Related Articles

Back to top button
Close
Close