Berita UtamaNews

Sindikat Narkoba Internasional Terbongkar, 402 Kg Sabu Diamankan di Pelabuhan Ratu Sukabumi

loading...

BRO. Peredaran narkoba yang melibatkan sindikat jaringan internasional di wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat semakin mengkhawatirkan. Pasalnya, narkoba jenis sabu seberat 402,380 kilogram (kg) berhasil disita Tim Satuan Tugas Khusus (Satgassus) Polri Merah Putih Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri di dua lokasi yakni di Sukaraja dan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, pada Rabu (03/06/2020).

Dalam rilis resmi Bareskrim Polri yang diterima bogornetwork.com menyebutkan, selain mengamankan ratusan kilogram sabu, di lokasi kejadian petugas juga berhasil meringkus enam pelaku berinisial BK, I, S, NH, R, dan YF. Kasus penyelundupan narkoba asal Iran ini merupakan hasil pengembangan jaringan internasional asal Timur Tengah yang sempat dibongkar di Banten dengan barang bukti seberat 821 kilogram beberapa waktu lalu.

Baca Juga: PN Kota Depok Vonis Hukuman Mati Dua Oknum Polri Terlibat Narkoba

Tim Satgassus Merah Putih Bareskrim Polri menggelar konferensi pers di Jakarta, Kamis (04/06/2020)

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat, Kombes Saptono Erlangga menyebutkan, penggerebekan dilakukan sekitar pukul 18.30 WIB oleh Tim Satgassus Polri Merah Putih bersama Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya dipimpin oleh Brigjen Pol Ferdy Sambo dan Brigjen Pol Iwan Kurniawan. Sedangkan tim yang terlibat, Kombes Pol Herry Heryawan; Kombes Pol Tubagus Ami; AKBP Sapta Marpaung, AKBP Jerry Raymond Siagian, Kompol Awaludin Amin, Kompol Malvino Sitohang, dan AKP Abdul Rohim.

“Di lokasi penangkapan Palabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, petugas mengamankan dua bungkusan plastik wraping bening berisi sabu seberat 2.360 gram atau 2,36 kg. Sedangkan Sukaraja, Kota Sukabumi, petugas menyita 333 bungkusan plastik wraping bening berisi sabu seberat 392.940 gram atau 392,94 kg,” katanya, saat dikonfirmasi, Kamis (4/6).

Baca Juga: Jelang Idul Fitri, Polres Bogor Musnahkan Ribuan Botol Miras dan Bongkar Sindikat Prostitusi

Kemudian, lima bungkusan plastik wraping hitam berisi sabu seberat 5.900 gram atau 5,9 kg. Selain itu, satu bungkusan plastik bening berisi sabu seberat 1.180 gram atau 1,18 kg. “Jadi total yang diamankan di Sukaraja, Kota Sukabumi, 341 bungkus plastik dengan berat bruto 402,380 gram atau 402 kg sabu,” katanya. sabu seberat 402 kilogram ini berhasil dibongkar Satgas Merah putih di Kabupaten Sukabumi.

“Saat ini saya masih di Sukabumi, betul ini merupakan hasil pengembangan pengungkapan yang di Banten yang 821 kilo sekian yang di Banten dari hasil itu masih ada jaringan,” ujarnya.

Baca Juga: Pemkot Bogor Pertimbangkan Pusat Rehabilitasi Narkoba BNN Lido Jadi RS Pendukung

Ia juga menyebutkan, berdasarkan hasil keterangan pengungkapan kasus, kapal untuk mengangkut sabu ratusan kilogram tersebut diangkut kembali melalui perahu nelayan di Pelabuhan Ratu dan disimpan dalam salah satu perumahan di Kabupaten Sukabumi. “Kapal itu kan diangkut isinya dengan perahu nelayan masuk pelabuhan ratu masuk barang disimpan dalam perumahan di sukabumi dan itu rumah sudah disewa sebulan yang lalu,” ungkapnya.

Menurutnya, sabu tersebut saat diamankan masih dalam bentuk paket kiloan. Adapun rencananya para pelaku jaringan internasional asal Timur Tengah tersebut akan mengedarkan dalam beberapa hari ke depan. “Barang masuk lima hari lalu dan rencana bedarnya minggu depan baru diedarkan dalam bentuk paket satu kiloan,” jelasnya.

Penulis: Redaksi Si Bro
Editor: Hari YD

loading...
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close