Berita UtamaNews

Sudah Tujuh Orang Meninggal karena Corona di Indonesia

loading...

Jakarta, Bro-Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achamd Yurianto mengungkapkan bahwa hingga Selasa (17/3/2020) ada 172 kasus pasien positif Covid-19. Jumlah tersebut bertambah 38 orang dari pengumuman terakhir yang dilakukan pada Senin (16/3/2020) sore. “Total ada 172 kasus,” ujar Achmad Yurianto dalam konferensi pers di Kantor BNPB, Selasa (17/3/2020) sore.

Yuri menjelaskan bahwa sebanyak 12 kasus didapatkan sejak Senin sore hingga malam. “Sehingga sampai tanggal 15 (Maret 2020) ada 146 kasus,” ucapnya.

Kemudian, jumlah ini bertambah setelah dengan hasil pemeriksaan spesimen yang dilakukan Balitbang Kesehatan. Jumlahnya dari data yang dicek saat itu bertambah 20 kasus.

Setelah itu, pemeriksaan yang dilakukan Universitas Airlangga memperlihatkan bahwa ada tambahan 6 kasus. “Sehingga total ada 172 kasus,” ucap Achmad Yurianto.

Ia menyebutkan, dari 172 kasus tersebut ada empat provinsi yang mengalami penambahan kasus Covid-19 cukup banyak. Daerah tersebut, Bro n Sist, di antaranya DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Kepulauan Riau.

“Penambahan terbanyak adalah dari Provinsi DKI Jakarta, kemudian dari Jawa Timur, kemudian dari Jawa Tengah dan juga dari Provinsi Kepulauan Riau,” ungkapnya.

Menurut Yuri, Bro n Sist, peningkatan jumlah kasus positif virus corona di DKI Jakarta salah satunya disebabkan karena mobilitas penduduk yang cukup tinggi. “Kita memaklumi bahwa pintu gerbang di DKI itu gerbang masuk negara di DKI cukup besar,” ujarnya.

Yuri menjelaskan, jumlah kasus positif Covid-19 khususnya di DKI Jakarta terbuka melalui penelusuran kontak atau tracing contact. Tracing contact ini, Bro n Sist, dilakukan oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta, jajaran pemerintah daerah dibantu dengan aparat Kepolisian. “Kita bersyukur bahwa cukup banyak yang bisa kita dapatkan,” ungkapnya.

Selanjutnya Yuri mengatakan, berdasarkan data pemerintah, kasus pasien yang meninggal setelah terpapar Covid-19 pun bertambah menjadi tujuh orang. “Tujuh (yang meninggal),” ujar Yuri.

Kendati demikian, lanjut Yuri, saat ini sembilan dari 172 orang positif Covid-19 telah dinyatakan sembuh. Angka kesembuhan ini bertambah satu dari yang sebelumnya sebanyak delapan orang.

“Secara umum, kondisi yang dirawat sudah membaik dan kemudian beberapa pasien yang kemarin sudah kita laporkan di awal sudah ada sembilan orang yang dinyatakan sembuh dan bisa pulang,” tutur Yuri.

Menurut Yuri, masih ada beberapa orang lagi yang menunggu pemeriksaan kedua untuk bisa pulang. Apabila pada pemeriksaan kedua pasien tersebut dinyatakan negatif Covid-19, maka bisa segera dipulangkan. “Tinggal menunggu interval dua hari lagi untuk kita laksanakan pemeriksaan dan apabila negatif juga, maka sudah bisa dipulangkan,” imbuhnya.

Penulis : Adi Kurniawan

loading...
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close