Berita UtamaBogorianNews

Sungai Ciliwung Meluap, Selasa Dinihari Nanti Air Bah Sampai di Jakarta

Bima Arya Minta Warga di Bantaran Sungai Waspada Banjir

loading...

BRO. Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meninjau situasi di Bendung Katulampa pada Senin malam (21/9/2020). Ia ingin melihat langsung arus Sungai Ciliwung yang deras akibat daerah hulu diguyur hujan lebat sepanjang siang hingga sore kemarin.

“Hari ini dilaporkan pak Andi (Petugas Jaga Bendung Katulampa) pukul 18.00 WIB 21 September 2020 siaga 1 dengan tinggi muka air 250 centimeter. Sempat bertahan cukup lama, Alhamdulillah sekarang sudah turun lagi,” kata Bima Arya kepada wartawan di Bendung Katulampa, Senin malam.

Bima juga memohon kepada warga Bogor yang tinggal di lintasan sungai Ciliwung, terutama di 13 kelurahan untuk waspada terhadap bahaya banjir. Selain itu, warga Jakarta yang berada di bantaran sungai untuk bersiap dan waspada menghadapi datangnya banjir.

Baca juga : Bogor Diguyur Hujan Deras, Katulampa Siaga 3 Banjir

Setelah status Bendungan Katulampa dinyatakan Siaga Satu, Bima Arya lansung berkordinasi dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Ia menyampaikan kepada Anies, kondisi air di Katulampa masih tinggi hingga malam.

“Saya juga baru saja kontak dengan pak gubernur DKI Jakarta (Anies Baswedan) untuk menyampaikan agar semua waspada. Mudah-mudahan air cepat menurun, tapi semua agar waspada dan siaga, Insya Allah bisa diatasi bersama,” ucap Bima.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meninjau situasi di Bendung Katulampa pada Senin malam (21/9/2020). Foto : Istimewa

Bima menyebut, dalam 12 jam mendatang, air bah dari sungai Ciliwung akan sampai di Jakarta. “Jadi Jkarta harus siaga. Cukup lama pak gubernur siaga satunya,” ujarnya.

Baca juga : Bima Arya : Mulai Senin Pagi Kota Bogor Statusnya Zona Oranye

Seperti diketahui, cuaca di wilayah Bogor, khsusnya di kawasan Puncak dan Bendungan Katulampa, Kelurahan Katulampa, Bogor Timur, Kota Bogor masih diguyur hujan dengan intensitas sedang pada Senin malam (21/9/2020).

Hingga pukul 19.40 WIB, Tinggi Muka Air (TMA) Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa telah surut menjadi 120 centimeter atau Siaga 3. Sebelumnya, debit Ciliwing sempat menyentuh level tertinggi, yakni 250 centimeter atau Siaga 1 pada pukul 18.00 WIB.

Baca juga : Bupati Ade Yasin Meradang Gegara Ribuan Vila Liar di Kawasan Puncak Bogor

“Saat ini Bogor masih diguyur hujan tinggi muka air 120 centimeter dengan status siaga 3,” kata Kepala Petugas Jaga Bendung Katulampa, Andi Sudirman.

Andi Sudirman menyebutkan, kenaikan TMA Bendung Katulampa terjadi secara mendadak, yang semula pada pukul 17.49 WIB hanya 50 centimeter (siaga 4).

Kenaikan karena hujan deras di kawasan Puncak, Bogor yang merupakan hulu Sungai Ciliwung. “Sehingga pada pukul 18.18 langsung merangkak naik menjadi 250 centimeter (siaga 1),” ucap Andi.

Penulis : Rizky Multri Prayasa
Editor    : Arie Surbakti

loading...
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close