Berita Utama

Ternyata Ini Penyebab Ade Yasin ‘Keukeuh’ Bangun Bendungan Cibeet dan Cijurey

Cibinong, Bro-Pemerintah Kabupaten Bogor keukeuh membangun dua bendungan, yakni bendungan Cibeet dan Cijurey. Bendungan ini untuk membantu ibukota mengatasi banjir.

Bupati Bogor, Ade Yasin mengatakan, pemerintah kabupaten (Pemkab) Bogor dalam waktu dekat akan segera membangun bendungan Cijurey di Kecamatan Tanjungsari dan Cibeet yang berada di kecamatan Tanjungsari dan Cariu.

Menurut Ade Yasin,  tahapan rencana pembangunan kedua bendungan sudah dimulai dengan program sosialisasi kepada masyarakat di wilayah tersebut, dengan memerintahkan sekretaris daerah (Sekda) Burhanudin.

Sebelumnya, pemprov Jabar sempat tidak setuju rencana pembangunan bendungan Cijurey, karena ditolak oleh masyarakat. Namun difasilitasi Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum, kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, akhirnya hal itu mendapat persetujuan.

Sebagai prioritas, apabila diatas lahan yang akan dibebaskan terdapat usaha pertanian, persawahan, dan lainnya, maka harus dilakukan penggantian area nya.  

Sementara itu, terkait bendungan Cibeet, selama ini hanya berfungsi untuk mengairi wilayah Bekasi dan Karawang saja, sedangkan kepada masyarakat sekitar kurang memberikan manfaat.

Disampaikan Ade Yasin, pembangunan Bendungan Cibeet harus diiringi dengan pembangunan Bendungan Cijurey. agar masyarakat disana dapat memperoleh manfaat nya.

“Harus diingat, Cijurey ini mengaliri sawah-sawah yang ada di (Kecamatan) Tanjungsari, Cariu, Sukamakmur dan Jonggol,” katanya.

Intinya, Pemkab Bogor siap membantu memuluskan proses pembebasan Bendungan Cibeet yang membutuhkan lahan sekitar 1.040 hektare. Pembebasan lahan untuk Bendungan Cibeet cukup berat, karena 1.040 hektare lahan itu sebagian besarnya adalah lahan Pertanian dan Pangan Berkelanjutan (LP2B) yang telah masuk dalam peraturan daerah (perda).

“Tapi karena ada kepentingan pusat, ya kita dahulukan,” tambah Ade.

Penulis : Politika Bogor.Com
Editor : Arie Surbakti

Show More

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button