Bisnis

Ini Alasan Bisnis Startup Indonesia Bisa Tumbuh dan Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19

loading...

BRO. Survei dan kajian telah membuktikan bahwa keberadaan ekosistem Inkubator Bisnis Teknologi (IBT) sebagai syarat mutlak membangun bisnis rintisan (Startup) di Indonesia manfaatnya cukup besar agar invensi yang ditemukan melalui riset ilmiah di kampus bisa menjadi sebuah produk komersial.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia (AIBI) Asril Syamas saat menjadi Keynote Speaker Webinar IPB Startup Academy 4.0 (Inkubasi dan Akselerasi Bisnis Startup), Kamis (21/05/2020).

Dalam Webinar yang diselenggarakan Rumah Akselerasi Bisnis TechnosNet Science and Techno Park (STP) IPB University, Asril juga menyebutkan tentang pentingnya ekosistem IBT dalam menyelesaikan persoalan sosial ekonomi.

“Selain bisnis startup dapat terus bertumbuh, melalui produk komersial yang dihasilkannya itu, ekosistem IBT juga terbukti sudah banyak memberikan solusi (permasalahan ekonomi) dan dampak sosial yang nyata. Karena peran dan sentuhan startup itu sendiri,” kata Asril.

Dalam kesempatan yang sama, Tokoh Teknologi Nasional, Ilham Habibie justru menerangkan tentang strategi utama pengembangan startup yakni pentingnya memikirkan apa saja kebutuhan di masa depan.

“Juga harus dipikirkan pula ide untuk menjawabnya dalam bentuk sebuah produk. Selain itu dibutuhkan pula karakter startup yang persuasif, memiliki daya juang tinggi serta inovatif,” jelasnya.

Pembicara lainnya CEO Orbit Future Academy/OFA Sachin Gopalan juga mengakui inkubasi dan akselerasi merupakan sebuah fungsi dari inkubator bisnis yang blended. “Namun itu semua tergantung dari kebutuhan dan level startup/tenant yang didampingi,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Inovasi, Bisnis dan Kewirausahaan, IPB University, Erika B Laconi mengatakan salah satu tujuan TechnosNet Webinar ini adalah agar pelaku usaha startup/Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) terinspirasi dan termotivasi untuk bertahan dan bangkit dari krisis ekonomi akibat dampak pandemi Covid-19.

Sedangkan bagi mahasiswa dan masyarakat calon pengusaha, diharapkan bisa memperoleh wawasan dan inspirasi baru dalam menyikapi krisis ekonomi.

“Kita bersyukur karena STP IPB University telah menjalin kerjasama dengan Orbit Future Academy (OFA), perusahaan yang dibangun oleh Ilham Habibie untuk mendorong pengembangan startup inovatif di Indonesia,” ungkapnya.

Penulis : Robby Firliandoko
Editor : Hari YD

loading...
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close