BisnisBogorian

Mudahkan Pelanggan dan Bantu Mitra Tani Jabodetabek Saat PSBB, GoFood Perluas Layanan Kuliner

loading...

BRO. Sejalan dengan fenomena “New Normal Life” dimana orang beraktivitas #dirumahaja maka pola konsumsi layanan Gojek berubah dari Transport ke Layanan logistik atau pembelian, Gojek memperkuat ekosistem dan elemen yang terlibat dalamnya (Mitra – Gojek – Pengguna).

Vice President Gojek Region Jabar Banten Becquini Akbar menjelaskan program ini sebagai komitmen untuk tetap memberikan layanan kepada masyarakat yang sedang menjalankan physical distancing di masa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), khususnya di Jabodetabek.

“Serta membantu mereka tetap produktif saat beraktivitas #dirumahaja. Kemudian juga untuk menjaga keamanan dan kesehatan bagi seluruh anggota ekosistem (pengguna, mitra driver dan mitra merchant) serta menjaga kesejahteraan mitra di tengah pandemi COVID-19,” kata Becquini dalam keterangan persnya di Bogor, Jumat (15/05/2020).

Tak hanya itu, ia menegaskan pihaknya juga tetap berupaya memberikan layanan kepada masyarakat yang sedang menjalankan physical distancing di masa PSBB melalui perluasan layanan berupa GoFood Kategori kuliner ‘Siap Masak’.

“Itu semua disediakan di GoFood yang meliputi paket makanan Meal Kit yang merupakan satu paket menu yang terdiri dari beberapa bahan makanan yang dapat langsung disajikan untuk dimasak, contohnya Paket Dory fillet 1 kg dibalut tepung Crispy yang bisa langsung digoreng,” katanya.

Ia juga memaparkan tentang paket makanan Frozen Food yaitu makanan beku yang siap dimasak dan disantap (contoh: bakso, chicken nugget, dll) Poin 1dan 2 disediakan oleh Merchant GoFood dan Groceries stores yaitu Family Mart, Circle K, Lawson.

“Selain itu pelanggan juga bisa belanja kebutuhan pokok di Mitra Pasar Tani – binaan Kementerian Pertanian di Bogor. Pelanggan juga akan mendapatkan gratis ongkos kirim dari Kementerian
Pertanian jika melakukan transaksi minimum Rp40.000 dengan jam operasional 09.00 – 13.00 WIB,” katanya.

Sementara itu, District Head Bogor Depok Gojek Mantino Stefanus Julio menyebutkan GoShop atau berbelanja kebutuhan pokok lebih dari 50 pasar tradisional di Jawa Barat melalui layanan
GoShop.

“Di Bogor ada 6 pasar yaitu Pasar Sukasari, Pasar Bogor Baru, Pasar Padasuka, Pasar Jambu Dua, Pasar Gunung Batu dan Pasar Bersih Sentul,” paparnya.

Menurutnya, respon masyarakat sangat positif terhadap inisiatif-inisiatif yang diluncurkan oleh GoFood untuk
memberikan kemudahan bagi pelanggan serta turut membantu menjaga volume transaksi mitra merchant.

“Hal ini dapat dilihat dari transaksi di Pasar Mitra Tani meningkat 2.3 kali lipat dalam dua minggu terkahir. Selain itu,dalam satu minggu terakhir, transaksi menu ‘Siap Masak’ meningkat 2.4 kali lipat,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Head Regional Corporate Affairs Gojek Arum K Prasodjo menjelaskan program ini selain menjadi komitmen GoFood dalam membantu UMKM, juga untuk memudahkan pelanggan dalam berkuliner, termasuk mengakses berbagai makanan siap masak juga berdampak positif pada kelangsungan pendapatan mitra merchant GoFood di tengah dampak pelemahan ekonomi akibat pandemi COVID-19.

“Komitmen Gojek untuk menjaga volume transaksi para mitra merchant tercermin melalui berbagai inisiatif, termasuk mengembangkan teknologi dan akses produk agar kini mitra merchant bisa menjual aneka kuliner siap masak yang dibutuhkan masyarakat,” katanya.

Dengan adanya kategori baru di GoFood, yaitu ‘Siap Masak’, mitra merchant GoFood yang tadinya hanya bisa menjual makanan siap santap, juga memiliki peluang bisnis dan target pelanggan baru dengan adanya pilihan untuk menawarkan menu/SKU jenis makanan siap masak dan menambah volume transaksi mereka di masa pandemi yang bertepatan dengan bulan Ramadan ini.

“Hal ini juga seiring dengan kebutuhan masyarakat yang semakin menghabiskan banyak waktu di dapur selama #dirumahaja namun tetap menginginkan bahan kuliner praktis,” katanya.

Selain itu, dengan adanya kerja sama antara Gojek dan Kementerian Pertanian, para pedagang  yang tergabung pada outlet Pasar Mitra Tani/TTIC namun mengalami perlambatan penjualan pada saat pandemi dan diberlakukannya PSBB.

“Kini mereka terfasilitasi untuk berjualan secara online lewat GoFood guna memperluas akses terhadap pasar di masa pandemi COVID-19, sehingga dapat meningkatkan penjualan harian,” pungkasnya.

Penulis : Redaksi Si Bro

Editor : Hari YD

loading...
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close