BogorianNewsPendidikan

Ada 170 Sekolah di Kabupaten Bogor, Lolos Lakukan Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka, di Masa Pandemi.

loading...

BRO. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, mulai melaksanakan uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) , di masa pandemi Covid-19 , dengan 10 langkah ketentuan yang harus dipatuhi bagi sekolah percobaan/model dalam pelaksanaannya.

“Uji coba PTM itu, selama sebulan mulai 9 Maret 2021 hingga 10 April,”jelas Bupati Bogor Ade Yasin, dalam keterangan resmi melalui rilis yang diterima SiBro, Minggu (14/3).

Sebelumnya, Bupati Bogor, Ade Yasin mengeluarkan kebijakan untuk menunda pembelajaran tatap muka di Kabupaten Bogor selama 2021.  Awalnya sekolah tatap muka bakal digelar pada 11 Januari 2021.

Menurutnya, Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor, sudah melakukan Rapat Koordinasi bersama Dinas Pendidikan, Kemenag dan Kantor Cabang Dinas Pendidikan dan telah menetapkan Uji Coba Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Baca Juga :Bupati Ade Yasin Beri Dukungan Khusus kepada Pelaku UMKM

“Dalam pelaksanaan uji coba PTM di Kabupaten Bogor, ada 10 point ketentuan yang harus dipatuhi bagi satuan pendidikan sekolah percobaan/model,”tegas Bupati Ade Yasin.

Beginilah pelajar lakukan kegiatan Uji Coba PTM, selalu bermasker .Foto : SiBro

Dalam 10 point ketentuan pelaksanaan uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Kabupaten Bogor . Ini point pentingnya sebagai berikut ;

Dalam uji coba PTM , akan dilaksanakan,  di setiap kecamatan 1 (satu),  jenjang pendidikan dari mulai SD/MI, SMP/MTs, SMA/MAN dan SMK.

Namun demikian , uji coba PTM ini, bisa dilaksanakan bagi sekolah percobaan/model yang sudah lolos verifikasi dan validasi kesiapan satuan pendidik yang dilakukan oleh tim bersama dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor dan Cabang Dinas serta Kemenag.

Baca Juga : Ditengah Pandemi, BUMDes Leuwiliang Berkah, Berdayakan UMKM Desa  Melalui  Kawasan Perekonomian Desa 

Berdasarkan data, Dari jumlah 232 sekolah yang diusulkan hasil verifikasi dan validasi yg lolos berjumlah 171 sekolah, dan ada 1 sekolah MTs yang mengundurkan diri. Jadi total izin yang dikeluarkan Disdik sebanyak 170 sekolah yang bisa melaksanakan uji coba PTM di Kabupaten Bogor.

Dalam 10 point ketentuan itu juga diatur, bagi sekolah yang tidak menjadi sekolah model dan yang tidak lolos verifikasi dan validasi, maka pembelajaran tetap dilaksanakan secara daring.

Bahkan untuk pelaksanaanya, Disdik sudah membuat juklak dan juknis tentang SOP PTM di setiap satuan pendidikan, dan sudah membentuk tim monitoring pelaksanaan PTM.

Sementara ketentuan lainnya yang sangat penting dalam uji coba PTM ini , apabila dalam pelaksanaannya, ada siswa atau guru yang terkonfirmasi positif Covid-19, maka pelaksanaan PTM di sekolah tersebut, otomatis dihentikan dan pembelajaran kembali dilaksanakan secara daring.

Baca Juga :Mall Pelayanan Publik Pemkab Bogor Ada di Sentul City

Meskipun kegiatan uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM), sudah disetujui sekitar 72 – 95 persen orang tua siswa, nanum satuan pendidikan model yang diizinkan PTM tetap harus melayani pembelajaran secara daring apabila ada siswa yang tidak diizinkan oleh orang tuanya untuk mengikuti PTM.

Pelaksanaan uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Kabupaten Bogor, berdasarkan Surat Keputusan Bupati Bogor Ade Yasin selaku Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor, tentang Pembelajaran Tata Muka (PTM) di masa pandemi.

“Uji coba PTM ini, merupakan tindak lanjut dari Keputusan Bersama Mendikbud, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Mendagri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19,”pungkas Ade Yasin

Editor : Azwar Lazuardy

loading...
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close