BogorianNewsPolitika

Awas Penipuan , Ada Akun Facebook Palsu Wali Kota Bogor Bima Arya

loading...

BRO. Masyarakat agar lebih berhati-hati, aksi penipuan dengan modus akun facebook palsu, semakin bertebaran di  media sosial

Para penipu di dunia maya ini, selalu mengincar korbannya dengan akun palsu. Begitu pula akun Facebook palsu mengatasnamakan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, ditemukan pada platform Media sosial facebook.

Sekedar informasi, biasanya para pelaku ini , sudah mempelajari siapa-siapa pertemanan di akun FB itu. Para calon korban sebelumnya disapa melalui pesan messenger. kemudian pelaku meminta sejumlah uang dengan berbagai alasan .

Setelah yakin, pelaku langsung memberikan nomor rekening agar korban secepatnya mentransfer uang yang diminta atau yang telah disepakati.

Baca Juga :Wali Kota Bima Arya ; Melalui Benah Kampung , Bojongkerta Punya Potensi Lebih Maju

Biasanya, pelaku langsung memblokir akun calon korbannya, apabila modus penipuan , mulai terungkap dengan berbagai kejanggalan.

Pada akun facebook palsu Wali Kota Bogor, dipasang foto Bima Arya dengan menggunakan baju dinas lengkap dengan atributnya  sehingga  sepintas terlihat foto itu, adalah benar pemilik akun tersebut.

” Ini hanya untuk meyakinkan korbanya, agar bisa memenuhi permintaan pelaku, biasanya mereka minta transfer sejumlah uang,” ujar Sandi facebooker korban penipuan melalui sosial media.

Guna mencegah adanya korban penipuan melalui sosmed, Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostandi ) Kota Bogor. mengimbau masyarakat untuk mewaspadai akun Facebook palsu mengatasnamakan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto.

Baca Juga :Menyoal Pungutan PTSL di Kelurahan Kebon Pedes, Kejaksaan Bogor Tunggu Hasil Pemeriksaan Inspektorat Kota Bogor

“Ya, kami temukan pada platform media sosial facebook, akun palsu mengatasnamakan Wali Kota Bogor Bima Arya.,” ungkap Kepala Bidang Komunikasi, Informasi Publik Diskominfotandi Kota Bogor, Abdul Manan Tampubolon kepada sejumlah media siber, Selasa (5/1).

Menurutnya, modus penipuan di medsos, semakin marak. olehkarena itu masyarakat dihimbau agar berhati-hati terhadap modus penipuan tersebut, yang mengatasnamakan Wali Kota Bima Arya Sugiarto.

” Apabila menerima informasi mencurigakan yang mengatasnamakan Wali Kota Bogor Bima Arya melalui media sosial, diharapkan untuk mengabaikannya. Dan sebaiknya, segera melaporkan melalui Aplikasi SiBadra (dapat diunduh di playstore/appstore) dari gadget Anda.,” pinta Manan, begitu biasa disapa Abdul Manan Tampubolon.

Baca Juga :Museum Tsunami Aceh, Jadi Wisata Favorit Wisatawan Saat Berkunjung ke Kota Banda Aceh

Sementara sejumlah facebooker yang jadi  korban penipuan di sosmed, sangat berharap Polisi dapat membongkar jaringan kejahatan Cyber Crime yang semakin marak di sosial media.

“Polisi kan bisa kerjasama dengan perbankan untuk melacak pemilik rekening pelaku, karena sebagian penipuan di FB itu , Pelaku menggunakan rekening bank,” harap Anto.

Berdasarkan catatan bogornetwork.com, penggunaan akun facebook palsu dengan nama Wali Kota Bogor Bima Arya di medsos ini yang ketiga kalinya. Sebelumnya dua akun palsu Wali kota Bogor  juga diketahui ,  pada 8 Oktober 2015.

Parahnya kedua akun facebook  palsu dengan nama Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mencoba meminta dana ke sejumlah rekan dan diplomat yang ada di Belanda dan Australia yang menjadi teman  Wali Kota. Seperti Alvin Sheng Hui Tan dari Singapura.

Penulis  : Iduy,YD
Editor    : Azwar Lazuardy

 

loading...
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close