BogorianCampusianaNews

Camat Sahib Panggil Lurah Bondes Wildan, Segera Atasi Soal Sampah di Ponrum

BRO. Permasalahan tumpukan sampah yang berserakan di lapangan Pondok Rumput, Kebon Pedes Kota Bogor dalam dua pekan terakhir ini, ternyata menjadi perhatian serius Camat Tanah Sareal, Sahib Khan yang langsung memanggil Lurah Wildan Rayhan untuk segera menyelesaikan masalahnya bersama LPM Kebon Pedes.

Sikap positip Camat Tanah Sareal , Sahib Khan,  terhadap permasalahan di wilayahnya itu, setelah adanya berita terkait “Sampah Berserakan dan Lurah jangan Cuek Dong”, di media online bogornetwork.com, edisi kamis (21/4).

“Jadi, pak lurah segera atasi permasalahan termasuk kendalanya sehingga warga Pondok Rumput merasa nyaman dengan kehadiran aparat kelurahan dalam menyelesaikan persoalan,” tegas Camat dihadapan Lurah Wildan.Jum’at (22/4)

Bahkan Camat Juga kembali mengingatkan agar lurah senantiasa peka dan mampu menyelesaikan berbagai masalah termasuk pelayanan administrasi bagi warga kebon Pedes, seperti pengurusan BPJS dan sebagainya.

Beginilah kondisi di pinggir lapangan Pondok Rumput, penuh tumpukan sampah berserakan. (21/4) Foto : dok .Sibro

Permasalahan tersebut, menurut Camat akibat komunikasi yang terputus diantara pihak LPM dengan saudara Budi Huis yang selama ini menjadi relawan kebersihan lapangan maupun sekitarnya.

Baca Juga   :Sampah Berserakan Di Lapangan Ponrum, Lurah Kebon Pedes Jangan Cuek Dong ?

Sepengetahuan Camat, sebelum adanya pedagang UMKM setempat yang memanfaatkan area pinggir lapangan untuk usaha kuliner,sudah disepakati beberapa hal seperti soal kebersihan termasuk penerangan listrik dan keamanannya lingkungan.

” Silahkan lurah pelajari hasil kesepakatannya dan  musyawarahkan bersama mereka yang berkepentingan seperti petugas kebersihan, LPM sebagai pengelola kegiatan warga, termasuk Ketua RW nya, agar bisa berkomitmen menjaga kebersihan termasuk Kamtibmas tetap kondusip dilingkungan setempat,”ujarnya.

Sementara Lurah kebon Pedes, Wildan Rayhan mengaku akan memperlajari berbagai kesepakatan yang telah dilakukan termasuk dana operasional kebersihannya.

“Sesuai arahan pimpinan (Camat Tansa), kami segera melakukan pertemuan dengan pihak-pihak berkepentingan,”jelas Lurah Wildan kepada bogornetwork.com, di kantor Camat setempat, Jum’at (22/4).

Namun demikian, Lurah Wildan sudah mengambil langkah antisipati sehingga tumpukan sampah di pinggir lapangan tidak berdampak lain. Diakuinya, baru satu bulan dirinya mengemban amanah sebagai lurah Kebon Pedes Kecamatan Tanah Sareal kota Bogor.

“Sampah yang berserakan sudah diangkut ke tempat pembuangan sampah sementara. kalau pun masih ada tumpukan sampah , mungkin itu hanya belum terangkut,”kilah Wildan.

Seperti diketahui, jalur hijau di pinggir Lapangan Ponrum, dijadikan kegiatan usaha kuliner UMKM warga setempat . Praktis saja, selama bulan puasa ini, tempat kuliner di lapangan Pondok Rumput ramai dikunjungi warga untuk berburu takjil mapun makanana jajanan berbuka puasa.

Sejalan dengan kegiatan usaha tersebut, Selain kebersihan yang perlu mendapat perhatian, pihak kelurahan dan LPM Kebon Pedes juga harus mengatasi keamanannya seperti situasi  di malam hari, agar tempat usaha itu tidak digunakan hal-hal  negatip. Termasuk penyambungan  aliran Listrik PLN,  harus  dipastikan tidak bermasalah baik instalasinya maupun aliran listriknya.

Disisi lain, keberadaan lurah baru , diharapkan bisa bersosialiasi dengan warga setempat, agar berbagai kegiatan sosial bisa disinergikan bersama warga.

“Ya dong, Pak lurah harus kenal dengan warga sekitar. Jangan hanya di kantor. Biar tau dan bisa pahami keinginan dan kesulitan warganya,”kata Hary Acong, seorang tokoh masyarakat di sana.

Bahkan warga lainnya sangat mendambakan adanya kegiatan kebersamaan seperti Senam Massal, ataupun kegiatan lainnya, agar warga pun bisa saling berinteraksi sosial yang selama ini dibatasi akibat pandemi Covid-19.

” Kalau bisa kegiatan warga itu, mendapat hadiah maupun doorprizenya, salah satunya dari pak lurah untuk membangun komunukasi bersama warga. Insya Allah, saya bersama warga lainnya akan mendukung kegiatan tersebut,” pungkasnya.

Editor : Adjet

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close