BisnisBogorianCampusianaNews

Dosen Unpak Bogor Wujudkan Kampung Mandiri Energi di Desa Bantarsari Rancabungur Bogor

BRO. KOTA BOGOR – Sejumlah dosen Program Studi Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan Program Studi Manajemen Informatika Sekolah Vokasi Universitas Pakuan (UNPAK) Bogor melakukan Inisiasi Kampung Mandiri Energi  di Desa Bantarsari , Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor, melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

Tim PKM yang di ketuai oleh Dr. Herfina, M.Kom, M.Pd. beserta Asep Denih, S.Kom., M.Sc., Ph.D. dan Ema Kurnia, S.Kom., M.Sc. melakukan inisiasi Desa Mandiri Energi dengan memanfaatkan energi panel surya bersama dengan mitra PKM  sebagai langkah solutif  seiring  meningkatnya kebutuhan penggunaan energi listrik bagi warga Desa Bantarsari ,Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang dilakukan sejak Agustus 2022  lalu.

Ketua PKM  Dr. Herfina, M.Kom, M.Pd. mengatakan, seiring berkembangnya zaman teknologi, saat ini kebutuhan energi listrik di Desa Bantarsari semakin meningkat dari tahun ke tahun, karena bertambahnya jumlah peralatan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, memungkinkan konsumsi listrik produk yang dibutuhkan meningkat.

“Sun Tracking System dapat digunakan untuk membantu mengoptimalkan penyerapan energi matahari di Desa Bantarsari dan menjadi solusi untuk membentuk desain panel surya yang dilengkapi dengan Internet of Things (IoT),” ujar Herfina

Sementara Asep Denih, S.Kom., M.Sc. Salah satu anggota tim PKM yang juga Dekan FMIPA menjelaskan, pengabdian masyarakat ini berfokus kepada penyelesaian masalah sekaligus modernisasi Desa lebih maju seperti Desa Mandiri Energi yang akan mengoptimalkan penggunaan listrik serta kebutuhan listrik tenaga surya sebagai alternatif energi.

Anggota tim PKM lainnya, Ema Kurnia, S.Kom., M.Sc. menambahkan memilih untuk memanfaatkan teknologi Internet of Things (IoT) dalam mengoptimalkan energi, yang bisa langsung menangkap energi matahari melalui solar panel, memprediksi daya yang akan diambil oleh panel surya dan mensimulasikan penyerapan energi solar panel, serta dengan menggunakan multimedia 3D.

Sementara warga Desa Bantarsari, mengaku bersyukur desanya menjadi kampung Mandiri Energi yang diinisiasi oleh sejumlah dosen Universitas Pakuan melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

“Masyarakat di sini  merasa terbantu dengan adanya pengabdian masyarakat ini, karena selain energi yang akan digunakan dapat dimanfaatkan bagi warga . Bahkan warga juga mendapatkan wawasan dan pengetahuan yang baru dalam bidang teknologi,” ujar Alghifari ,warga Desa Bantarsari.

Penulis : Ozie
Editor  :  Adjet

 

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close