BogorianNewsNusaraya

Jelang Malam Tahun Baru, Arus Lalin di Jalur Puncak Bogor,  Lancar dan Terkendali

loading...

BRO. Menjelang malam tahun baru, Situasi arus lalu lintas di jalur Puncak Bogor, hingga kamis sore (31/12) , terpantau lancar bahkan disejumlah titik tidak terlihat kepadatan arus kendaraan.

” Jalur Puncak lancar, tidak ada penutupan bahkan sistem buka tutup pun (one way), tidak diberlakukan di jalur wisata Puncak,” ungkap Kasubdit Keamanan dan Keselamatan Jalan (Kamsel) Ditlantas Polda Jawa Barat, AKBP Maria Horet Hera, kepada bogornetwork.com, di Pos Polisi Simpang Gadog, Kamis Sore (31/12)

Hanya saja, menurut AKBP Maria, ada penyekatan dan buka tutup jalur di simpang gadog, untuk dilakukan pemeriksaan secara ketat pengendara yang ingin menuju kawasan Puncak.

Penyekatan jalur di simpang Gadog untuk mewaspadai penyebaran Covid-19 yang ingin ke Puncak (31/12) Foto ; SiBro

Hal itu juga dibenarkan petugas di Pos TMC Gadog yang memprediksi pada malam tahun baru ini, pada suasana pandemi ini, situasi arus lalu lintas di jalur Puncak Bogor masih terkendali.

Baca Juga :Malam Tahun Baru, Jalur Puncak One Way & Kota Bogor Gencarkan Patroli Bubarkan Kerumunan

Liat situasi arus lalin seperti ini, tidak akan ada penutupan jalur Puncak,hanya saja ada penyekatan dan buka tutup untuk perlancar pemeriksaan protokol kesehatan bagi wisatawan yang ke Puncak,” ujar petugasTMC Polres Bogor.

Pantauan SiBro , Tim Gabungan Satgas Covid-19,terdiri Anggota Satpol PP, TNI-Polri, Dishub, sejak pagi bersiaga dan memeriksa kendaraan maupun identitas (KTP) pengendara serta wajib membawa surat Rapid tes Antigen.

Kendaraan ini terpaksa balik arah karena tidak menunjukkan surat Rapid tes (31/12) foto : SiBro

“Banyak pengendara yang terpaksa kami putar balik karena tidak bisa menunjukkan surat Rapid tes,”ujar petugas Satpol PP Kabupaten Bogor.

Pemeriksaan ketat tidak saja bagi pengendara mobil tapi pengendara motor pun yang bukan warga Bogor, tetap dilakukan pemeriksaan untuk mewaspadai penyebaran Covid-19 di Puncak pada malam tahun baru.

Berdasarkan data sementara di Pos TMC Gadog, jumlah kendaraan yang mulai ramai menuju Puncak terjadi pada pagi hari dengan jumlah 5.507 kendaraan baik dari Exit Tol Ciawi maupun dari arah Puncak menuju Jakarta melalui Tol jagorawi.Sedangkan pada siang hari tadi hingga sore kendaraan exit dari Tol Ciawi tercatat ada 3.878 kendaraan dan 2.553 entrance dari puncak dengan total 6.431 kendaraan.

Sementara rombongan sepeda motor, yang ber plat B ( Jakarta), berusaha melintas di Jalur Puncak, apabila Operasi Yustisi di Simpang gadog tidak terlalu ketat.

situasi arus lalulintas sore menjelang malam cukup lengang (31/12 ) di simpang Gadog Bogor. Foto : SiBro

Ya, kita istirahat aja dulu di pom bensin , nanti agak malam baru meluncur ke Puncak untuk menghabiskan malam pergantian tahun di kawasan Wisata Puncak,” ujar Toto bersama 6 rekanya dari Cimanggis Depok.

Adanya larangan perayaan malam tahun baru di Kawasan Puncak Bogor, berdampak terhadap UMKM dan restoran termasuk tingkat hunian hotel di puncak merosot drastis.

Padahal di malam tahun baru sebelumnya,kawasan wisata Puncak jadi incaran wisatawan untuk menikmati malam tahun baru di Puncak.Secara otomatis geliat perekonomian di malam tahun baru, cukup memberikan dampak positif bagi pelaku ekonomi di sana.

Ya mau gimana lagi , situasinya lagi pandemi Covid-19. Kita ikutin anjuran Bupati Bogor,” ujar Siti UMKM di kawasan Cisarua Puncak Bogor.

Penulis : Iduy.YD
Editor : Azwar Lazuardy

loading...
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close