BogorianNews

Jelang New Normal, Kota Bogor Nihil Penambahan Kasus Positif Covid-19

loading...

BRO. Satu hari menjelang pemberlakuan tatanan kehidupan baru (new normal) atau berakhirnya perpanjangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi, kasus Covid-19 di Kota Bogor nihil penambahan kasus baru terkonfirmasi positif, Rabu (03/06/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor Sri Nowo Retno dalam keterangan pers tertulisnya menjelaskan hingga pukul 14.00 WIB Rabu (03/06/2020), kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 jumlah totalnya 113 orang atau tetap sama seperti hari sebelumnya.

Baca Juga: Kasus Positif Covid-19 Melonjak, Klaster Pasar Cileungsi Jadi 16 Orang

“Jumlah pasien terkonfirmasi positif, pasien yang sembuh, pasien dalam perawatan, serta pasien meninggal hari ini tetap. Dari 113 kasus itu terdiri dari
49 sembuh, masih dalam perawatan RS : 49 orang dan meninggal 15 orang,” katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan untuk kasus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terjadi penambahan 7 kasus. “Sehingga total kasus dengan status PDP Covid-19 di Kota Bogor yang masih dalam pengawasan RS yakni 58 orang,” katanya.

Baca Juga:Tekan Kasus Baru Covid-19, Bogor Terapkan Karantina Mikro di 6 Kelurahan

Jumlah kasus dengan status Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19 di Kota Bogor juga bertambah 19 orang menjadi 84 orang dibandingkan hari sebelumnya. “Sedangkan kasus dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19 tak ada penambahan atau tetap jumlahnya yakni masih dalam pemantauan sebanyak 44 kasus,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bogor Dedie A Rachim mengatakan jika mengacu kepada rekomendasi Pemprov Jawa Barat, meski data terkini relatif stabil, namun secara umum Kota Bogor belum layak untuk menerapkan new normal.

Baca Juga: Jelang New Normal, Sejumlah Bisnis Kuliner di Kota Bogor Mulai Menggeliat

“Saat ini kondisi Kota Bogor masih ada di zona kuning, artinya rekomendasi Pemerintah Propinsi Jawa Barat masih menyarankan perpanjangan PSBB,” ungkapnya, Rabu (03/06/2020).

Menurutnya, dari data hari ini 3 Juni 2020, ada 113 positif Covid-19, 49 sembuh, 15 meninggal dan 49 dalam perawatan. Untuk itu Kota Bogor harus terus berupaya untuk menaikan jumlah pasien yang sembuh dan memaksimalkan pencegahan jumlah positif.

“Kebijakan pusat sejauh ini sudah baik, namun perlu sinkronisasi utk penerapan waktu pelaksanaan PSBB misalnya, sehingga antar daerah dapat lebih menguatkan komitmen bersama terkait target-target yang harus dicapai,” katanya.

Kemudian, kata dia perlu ada kerjasama untuk pemutakhiran data penerima bansos dari berbagai sumber bantuan baik pusat, propinsi maupun Kota atau Kabupaten.

“Untuk penerapan New Normal sebaiknya tiap sektor diarahkan petunjuk teknis dan pelaksanaannya oleh Kementerian Teknis agar implementasi di daerah ada keseragaman pola pikir dan pola tindak dengan tetap memberi keleluasaan daerah untuk menambahkan nilai-nilai kearifan lokal,” pungkasnya.

Penulis: Redaksi Si Bro
Editor: Hari YD

loading...
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close