BogorianFeatureKomunitasNewsPendidikan

Pemuda ‘Jong Bobar’ , Salurkan Donasi Kepada Korban Bencana

loading...

BRO. Di tengah pandemi Covid-19 , sebagian warga masyarakat yang bermukim sejumlah kawasan rawan bencana, tentunya menambah derita yang berkepanjangan.
Terlebih musim penghujan pun mulai terasa sejak awal Oktober 2020. Bahkan  wilayah Bogor, Sukabumi dan Cianjur, senantiasa dihantui bencana banjir dan longsor.

Salah Peristiwa bencana banjir bandang , melanda kawasan Cicurug Sukabumi , Peristiwa bencana itu tentunya membuat pilu warga di sana.dan kita semua. Masyarakat tak pernah  bermimpi sedikitnya 20 rumah bersama harta bendanya,hanyut terbawa arus banjir bandang yang menerpa desa mereka.(3 /9/2020)

Aksi kemanusian pun silih berganti,berdatangan , untuk meringankan penderitaan warga di sana. Salah satunya ,  peduli kemanusian itu, datang dari komunitas  pemuda yang menamakan dirinya ‘Jong Bobar’, sekelompok pemuda dari kawasan Bogor Barat tepatnya di Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor.

Rasa peduli kemanusian,  para pemuda Jong Bobar, spontan menggalang dana sebagai bentuk aksi solidaritas terhadap korban banjir bandang di Cicurug Sukabumi.

Baca Juga :Komunitas Remaja JongBobar Tetap Eksis dan Peduli Sosial di Masa Pandemi Covid-19

Berbagai cara pun dilakukan untuk menggalang donasi. Misalnya  ‘ngamen’, di sejumlah pusat keramaian di Leuwiliang. Bahkan ‘Jong Bobar’, membuat Perpustakaan keliling dengan tema ” Membaca untuk menolong”.

” Jadi membaca sambil berdonasi,”kata ketua Jong Bobar, Marwan Maulana ketika ditemui SiBro ,disela-sela aktivitas menggalang dana kemanusian.

Setelah terkumpul donasi yang dilakukan beberapa waktu lalu, sekelompok pemuda ‘Jong Bobar’, dengan menggunakan kendaraan mobil  Pick Up dan tiga sepeda motor, menuju  medan bencana penuh  semangat untuk menyalurkan donasi kepada korban banjir bandang di Cicurug Sukabumi.

Kelompok pemuda ‘Jong Bobar’ dari Leuwiliang Bogor Barat yang peduli terhadap korban bencana.Foto ; SiBro

” Cuaca saat itu, hujan deras, kami tetap terjun langsung menyerahkan donasi kepada korban banjir bandang di sana,” ujarnya dengan penuh semangat.

Rasa bangga dan haru pun terlintas di wajah mereka, ketika Koordinator Posko bencana di sana menyampaikan ucapan terimakasih kepada kelompok pemuda ‘Jong Bobar’, yang peduli dan terjun langsung ke lokasi bencana.

“Terima kasih kami kepada ‘Jong bobar’ yang telah berpartisipasi dan mau berdonasi untuk korban banjir yang ada di sini. Selanjutnya kami bersama pemerintah daerah setempat akan segera melakukan perbaikan dan pembangunan rumah warga korban bencana yang hancur terbawa hanyut arus banjir bandang,”pungkas koordinator posko DKM Al Ikhlas.Seperti yang dikenang Marwan Maulana.

Saat pulang dari lokasi Bencana pun, mereka tetap menjaga kebersihan lingkungan dengan melakukan aksi bersih-bersih memungut sampah dan botol plastik yang ada saat melintas.

” Dimana pun ‘Jong Bobar’ berada, kami tetap harus menjaga kebersihan lingkungan,”ujar Maulana yang diamini anggota lainnya.”aamiin”.

Semangat pemuda ‘Jong Bobar’, tak pernah padam. Usai melakukan aksi peduli kemanusian bagi korban bencana di Cicurug Sukabumi, ‘Jong Bobar’ akan terus berkiprah memberikan bantuan aksi kemanusian,  dilokasi bencana lainnya , untuk meringankan beban yang diderita sebagian masyarakat korban bencana.

Penulis : Rizky Multri Prayasa
Editor    : Azwar Lazuardy

loading...
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close