BogorianNews

Pemkot Bogor Segera Bentuk RW Siaga Covid -19

Upaya Bogor Melawan Korona

loading...

Bro, Pemerintah Kota Bogor tidak akan menerapkan Lock Down melainankan menerapkan Karantina Wilayah Parsial (KWP) dan membentuk RW Siaga Covid-19.

“Saya akan kumpulkan lurah dan camat untuk berkoordinasi membentuk Kampung Siaga di tingkat RW,” jelas Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim usai Video Conference bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Senin (30/3/2020), di Crisis Centre Covid-19 Kota Bogor.

Dijeskannya, dalam rekomendasi rapat terbatas Presiden dengan para Gubernur, disebutkan bahwa pemerintah daerah di tingkat kota / kabupaten, hanya diperbolehkan untuk menerapkan Karantina Wilayah Parsial, misalnya untuk tingkat komplek perumahan, kelurahan atau kecamatan yang memiliki risiko tinggi penyebaran virusnya.

Bro, salah satu upaya penyelesaian masalah Covid-19 ini adalah perenggangan sosial. Apabila masih ada pergerakan masyarakat atau mobilisasi massa yang terlalu besar, bisa mengakibatkan risiko yang tinggi. Untuk itu langkah pembatasannya diarahkan ke area tertentu yang lebih tinggi penyebaran Covid -19.

“Karantina Wilayah Tingkat Komplek perumahan di kelurahan, akan dilakukan apabila penyebaran Covid-19, berdasarkan data lebih tinggi,” tegasnya.

Perlu, Bro ketehaui bahwa RW Siaga ini kata Dedie A Rachim harus ada persiapan, baik mengenai personilnya bahkan personal relawannya. Sedangkan teknis pelaksanaan implementasinya di lapangan., akan dibicarakan (hari ini). “Kita instruksikan langsung lurah dan camat termasuk RT/RW di masing-masing wilayah,” tegas Wakil Walikota.Dedie A Rachim.

Dedie juga mengingatkan dalam penerapan Karantina Wilayah Parsial (KWP), masalah logistik kebutuhan pokok masyarakat, termasuk yang terkait dengan produksi pertanian, tidak boleh terhambat.

” Ini yang harus kita amankan yang di luar kegiatan pokok,” tegasnya.

Dengan demikian, kegiatan pengumpulan massa, kita tekan semaksimal mungkin.”Tapi tidak boleh, ada penutupan penutupan yang bisa menghambat produksi pertanian termasuk distribusi BBM dan lalu lintas bahan pokok masyarakat,” tegas Wakil Walikota Bogor.

Penulis : Azwar Lazuardy

Editor . : Robby Firliandoko

loading...
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close