BisnisBogorianCampusianaNews

Sampah Berserakan Di Lapangan Ponrum, Lurah Kebon Pedes Jangan Cuek Dong ?

BRO.  Kondisi kebersihan lapangan (area terbuka) Pondok Rumput, kelurahan Kebon Pedes, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, selama bulan Puasa ini semakin memprihatikan. Selain sampah-sampah menumpuk dan berserakan tidak diangkut di pinggir lapangan, pihak kelurahan Kebon Pedes pun terkesan kurang peduli terhadap kondisi kebersihan lingkungan sekitar kantor kelurahan tersebut.

Beberapa warga Pondok Rumput mempertanyakan perawatan lapangan yang selama ini hanya mengandalkan kepedulian warga terutama di RW 05. Bahkan warga mengaku kondisi tidak terawatnya kebersihan lapangan terlihat mulai dari awal Bulan Puasa.

“Biasanya Kang Budi Huis yang membersihkan sampah di lapangan. Namun entah kenapa tiba-tiba Kang Budi mogok tidak lagi membersihkan secara rutin sampah lapangan,”ujar Amaks warga di sana.

Sedangkan seorang tokoh masyarakat setempat, Hary Acong mengaku sangat menyayangkan sikap aparat kelurahan yang seakan tidak peduli dengan kondisi lapangan dengan tumpukan sampah yang berserakan.

“Seharusnya pak Lurah kebon Pedes mengambil langkah konkrit dan solutip dengan memanggil Budi Huis yang selama ini merawat dan membersihkan lapangan tersebut, apa kendalanya. Jadi lurah jangan cuek dong,”cetus Hary

Bahkan tumpukan sampah di pinggir lapangan, sangat mengganggu bagi keberadaan UMKM yang berjualan di pinggir lapangan tersebut.

“Katanya sih honornya cuman dikasih Rp.300 ribu. Sementara setiap pedagang UMKM dipungut Rp.2000 untuk retribusi kebersihan,”kata Hary

Sebenarnya dengan Kehadiran pedagang UMKM membangun Sentra Kuliner Pondok Rumput, tentunya sangat membantu untuk  operasional menjaga kebersihan lapangan dan sekitarnya.

Hanya saja, warga meminta pihak LPM setempat yang dipercaya mengelola UMKM dapat tumbuh dan berkembang sejalan dengan perannya dan bukan sebaliknya.

“Ini sebenarnya hanya kurang komunikasi dan keterbukaan antara pihak pengelola dengan personal yang selama ini menjaga kebersihan lapangan dan sekitarnya. Silahkan pihak LPM bersama Kelurahan dan perwakilan warga sekitar berembuk mencari langkah solutip dalam mengatasi masalah sampah di pinggir lapangan,”pinta Hary

Sementara ketua LPM Kebon Pedes, Irvan ketika dikonfirmasi mengatakan akan menjadwal pertemuan dengan pihak-pihak terkait agar semuanya bisa diatasi.

“Kami akan berkoordinasi dengan pihak kelurahan, agar pertemuan bisa dilaksanakan sebelum lebaran,”katanya

Disisi lain, warga  mengaku bangga karena wilayah Pondok Rumput memiliki area lapangan terbuka. Namun demikian, untuk lebih tertata seperti Taman Sempur, perlu adanya sentuhan dari Wali Kota Bogor Bima Arya untuk merenovasi area terbuka di wilayah perumahan seperti lapangan Pondok Rumput.

“Nantinya setelah direnovasi, warga pun harus peduli dan bertanggungjawab terhadap keberadaan lapangan.Selain sebagai sarana olahraga juga bisa jadi taman warga dan tempat bermain anak-anak dengan berbagai fasilitas,”kata warga lainnya.

Editor : Adjet

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close