BogorianNewsPendidikan

Wali Kota Bima Arya : Bukan Sekedar Berdiri, PWI Kota Bogor Berlari

Sukses Gelar Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK) 2020

loading...

BRO. Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto memuji Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bogor era kepemimpinan Arihta Utama Surbakti. Orang nomor satu di Kota Hujan menilai, PWI Kota Bogor saat ini bukan sekedar berdiri kembali, namun berlari.

“Itu terlihat dari aktivitas dan kegiatan yang terus ada. Apa yang dilakukan PWI sesuai dengan tagline Pemkot Bogor, ‘Bogor berlari’,” ungkap Bima Arya dalam sambutannya saat membuka Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK) PWI Kota Bogor Tahun 2020 di Hotel Bogor Valley, Sabtu (31/10/2020).

Baca juga : 1 Oktober Lepas Jabatan Sekda, Ade Sarip Sambangi PWI Kota Bogor

OKK PWI Kota Bogor yang menerapkan protokol kesehatan Covid-19 , secara ketat ini bertema “Memahami Produk Jurnalistik, Menjalankan Kode Etik Ditengah Kemerdekaan Pers”,  itu diikuti puluhan wartawan Kota dan Kabupaten Bogor.

Bima berharap, ke depan wartawan Kota Bogor menjadi wartawan idealis, yang mengedepankan nurani dan profesionalisme. Untuk itu, Ia mengapresiasi kinerja organisasi PWI kota Bogor yang sudah mampu mengembalikan marwah profesi wartawan.

“Mudah-mudahan Kota Bogor akan mengorbitkan legenda jurnalis. Pemkot Bogor siap bersinergis,” ucap Bima Arya.

Baca juga : PWI Kota Bogor Segera Gelar Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian

Wali Kota menyampaikan, secara pribadi memberikan pandangan bahwa wartawan yang ada dan sebagai salah satu penyampai informasi bagi masyarakat dalam bentuk berita,  tapi bisa mengedukasi dan mengubah pemikiran masyarakat.

“, Bahwa seorang wartawan harus, bisa mengemas bahasa agar lebih informatif dan lugas , agar lebih menarik ,”katanya

Wakil Ketua DPRD, Zaenal Mutaqin, Ketua PWI Arie Surbakti, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto dan Wakil Ketua PWI Jabar Tantan Bustomi. Foto : PWI Kota Bogor

Adapun Ketua PWI Kota Bogor, Arihta Utama Surbakti mengatakan, OKK atau dulu Karya Latih Wartawan (KLW), yang merupakan syarat menjadi anggota PWI. Kegiatan ini  merupakan yang pertama setelah lebih dari 10 tahun tak digelar. OKK menjadi ajang mengenalkan lebih dalam organisasi PWI kepada para calon anggota.

Kendati waktu pelaksanaan OKK 2020 dipersingkat karena di tengah pandemi Covid-19, Ketua PWI berharap tidak mengurangi kualitas dan esensi dari kegiatan tersebut. Secara prinsip, lanjutnya, OKK merupakan proses seleksi bagi calon anggota.

Baca juga : PWI Kota Bogor Bakti Sosial di Pengungsian Sukajaya

“Peserta yang memenuhi syarat, bisa diterima menjadi anggota muda. Mereka yang menjadi anggota PWI adalah yang bekerja secara aktif sebagai wartawan. Kami tidak ingin PWI sebagai organisasi profesi wartawan  diisi oleh orang-orang yang tanda kutip,” kata Arie, panggilannya

Arie menyebut ada sesi ujian yang harus dijalani dan  syarat mutlak  calon anggota muda PWI. Untuk itu, Ketua PWI berharap peserta OKK yang memang aktif menjalankan kegiatan jurnalistik.

Baca juga : PWI Kota Bogor Salurkan Masker Kepada Unsur Masyarakat yang Melawan Corona

”  Teman-teman juga tahu untuk menjadi anggota PWI,  tidak asal masuk, karena ada ujiannya. Penting juga semua anggota membaca dan mengetahui Peraturan Dasar (PD) dan Peraturan Rumah Tangga (PRT) sebagai pedoman berorganisasi di PWI,” imbuh CEO bogornetwrok.com ini.

Pada momentum OKK ini, PWI Kota Bogor menandatangani kesepakatan dengan PT. Randu Alas untuk penyediaan  pembangunan 200 rumah untuk wartawan di areal Pesona Alam Dramaga,  Cibungbulang Bogor Barat .

PENULIS : RIZKY MULTRI PRAYASA
EDITOR   : AZWAR LAZUARDY

loading...
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close