BisnisBogorianNewsSportteiment

Warga Respon Positif, Skuter Listrik Beam Beroperasi Lagi di Bogor

Bogor Jadi Kota Pertama di Indonesia, Lakukan 'Beam Safe Academy', Target Melatih 10 Ribu Pengguna Skuter Listrik

BRO. KOTA BOGOR –  Setelah hampir sebulan terhenti pengoperasiannya, kini Skuter listrik yang dikelola Beam Mobility, kembali beroperasi di Kota Bogor.

Pengoperasian moda transportasi ramah lingkungan berbasis baterai ini mendapatkan respon positif dari warga Kota Bogor.

Sebelumnya sepeda listrik beam sempat dihentikan sementara pengoperasiannya setelah adanya insiden kecelakaan terhadap pengguna skuter berbayar itu di jalur pedestrian Kebun Raya Bogor.

Untuk bisa beroperasi kembali di Bogor, selain mendapat izin dari Dishub Kota Bogor ,Beam juga harus mengantongi perizinan dari Polresta Bogor Kota.

Program ‘Beam Safe Academy”ditragetkan bisa melatih 10 ribu pengguna skuter listrik. Foto : dok.Beam

Guna menjamin keselamatan pengguna, Beam juga memberikan edukasi kepada calon pengguna, soal teknis atau tata cara mengoperasikan armada ketika di jalan. Edukasi dengan target 10 ribu pengguna itu diisi dengan pemaparan teknis mengoperasikan armada.

“Keselamatan adalah prioritas utama bagi Beam, jaminan ketersediaan kendaraan yang berfungsi dan memenuhi persyaratan keselamatan, tak hanya di Kota Bogor, tapi  di tingkat internasional,” ungkap Country Manager Beam Indonesia, Devraj Sathivelu, dalam keterangan tertulisnya, Senin (27/02).

Sebagai informasi, edukasi keselamatan mengoperasikan armada Beam, sebelumnya sudah dilaksanakan di berbagai kota di negara-negara di kawasan Asia Pasifik,  seperti Australia, Selandia Baru, Korea Selatan, dan Malaysia.

“Bogor menjadi kota pertama di Indonesia melaksanakan edukasi keselamatan berkendara dengan armada  sepeda listrik Beam. Di Bogor, Beam menargetkan bisa melatih sedikitnya 10 ribu pengguna melalui program Beam Safe Academy yang berlangsung hingga akhir tahun 2023 ini, ” ujar Devraj.

Devraj menjelaskan, dalam program pelatihan ini, instrukstur Beam mengajarkan pengguna untuk    memperhatikan lingkungan sekitar saat berkendara, memastikan pengguna dapat mengoperasikan kendaraan dengan baik setiap saat.

“Paling penting menggunakan jalan raya sesuai dengan regulasi yang berlaku,”  terangnya.

Instruktur Beam Safe Academy sekaligus Wakil Ketua Komunitas Bike2Work Bogor, Lek Senin  mengatakan, armada skuter elektrik Beam merupakan alternatif transportasi yang aman, karena kecepatan maksimumnya hanya 25km/jam.

“Armada Beam  mudah digunakan serta harga yang tidak mahal. Ketika banyak warga yang melakukan perjalanan menggunakan armada Beam dibandingkan dengan kendaraan pribadi, kedepannya  akan semakin aman, dan jalan raya di Kota Bogor tidak macet tentunya udara semakin bersih,” katanya.

Seorang pengguna Beam,  Edwin, dari komunitas Sepeda Lipat Bogor mengatakan, dirinya akan lebih memilih skuter elektrik Beam, setelah mengikuti kegiatan ini.

Dia mengaku sangat antusias mempelajari cara berkendara yang baik di bawah bimbingan instruktur berpengalaman.

“Kegiatan Beam Safe Academy sangatlah penting. Skuter elektrik Beam memudahkan perjalanan saya menuju ke kantor,” ujarnya.

Hal senada juga dituturkan pengguna Beam lainnya, Taufik, sekaligus ketua komunitas Topass Bike, ketika menghadiri Beam Safe Academy. Dia berpendapat skuter listrik Beam ini menjadi moda transportasi mikro yang cocok digunakan beraktivitas di Kota Bogor.

“Beam adalah transportasi baru yang sangat baik bagi Bogor.  Hadirnya Beam tentu  akan mengurangi polusi udara untuk Bogor yang lebih go green lagi,”katanya

Editor : Adjet

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

Close
Back to top button
Close
Close