Feature

Jaga Ketahanan Pangan, Warga Cibinong Menanam Sayur dan Tanaman Herbal

loading...

BRO, Pandemi Corona masih terus terjadi di Indonesia. Terhitung, sudah dua bulan virus corona mewabah di negeri ini.
Setiap hari pasien positif bertambah, namun satu per satu pasien positif juga berhasil lolos dari proses isolasi dan dinyatakan sembuh. Berbagai ahli dari mulai ahli kesehatan hingga ahli matematik mencoba melakukan kajian dan menganalisa tentang sampai kapan pandemi ini selesai di Indonesia, namun, tidak ada yang berani 100% memastikan.

Pandemi Corona tidak hanya menyebabkan gangguan kesehatan serta kepanikan, namun juga berimbas pada sektor ekonomi dan pangan. Kondisi beberapa perusahaan yang harus memberhentikan proses produksinya, menyebabkan harus dirumahkan juga para karyawannya. Tidak sedikit yang kini tidak berpenghasilan dan hampir menuju kelaparan.

Selain itu, penentuan waktu selesainya virus ini juga berimbas pada ketahanan pangan. Bukan hanya kelaparan, namun juga ketersediaan pangan. Mengingat kepanikan dan kegelisahan juga hadir di desa, belum lagi keterbatasan mobilisasi yang bisa menjadi faktor kelangkaan bahan pangan.

Berangkat dari beberapa persoalan dan kegelisahan itu , Warga Sempora Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor , tidak meratapi namun mencoba menghadirkan solusi.

Ketua Karang Taruna Sempora Kelurahan Cibinong Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor Muhammad Affifudin menjelaskan bahwa ia terinspirasi dari Bogor Rise Against Corona (Borac) yang mengajak warga untuk mandiri dan bergotong royong dalam menyelesaikan masalah ketahanan pangan.

“Kami mencoba menanam. Dari mulai sayur dan juga tanaman herbal untuk memperkuat sistem imun kita dalan melawan korona,” kata Afif kepada bogornetwork.com atau Si Bro di Cibinong, Minggu (19/4/2020).

Di Kampung Sempora juga telah dilakukan sosialisasi tentang apa itu virus corona serta cara melawannya oleh Tim Borac. Kini, warga mulai bergotong royong untuk saling membantu dan menjaga.

“Kini kami memiliki jadwal rutin penyemprotan. Kemarin kawan-kawan Borac hadir dan kami jadi paham. Bahkan, di antara kami ada yang sudah meninggal karena corona, awalnya kami menjauhi keluarganya, namun karena telah mendapatkan paparan, kami jadi membantu keluarganya dengan memberikan makanan selama mereka melakukan isolasi mandiri,” tambahnya.

Melalui wawancara, Ketua Karang Taruna Sempora Kecamatan Cibinong Afif juga mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bogor untuk menjalankan program Kampung Siaga dala melawan corona dan mempersiapkan hal-hal yang dirasa akan menjadi ancaman.

Penulis: Robby Firliandoko

Editor: Robby Firliandoko

loading...
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close