FeatureNews

Virus Corona Bisa Mental dengan Senggama atau Masturbasi

Penelitian Manfaat Orgasme Terhadap Kekebalan Tubuh

loading...

BRO, kehidupan seks yang sehat bermanfaat bagi tubuh dan pikiran. Faktanya, hal itu bisa mengurangi stres, menurunkan tekanan darah, dan memperbaiki tidur.

Sebagian besar penelitian membahas mengenai manfaat kehidupan seks yang sehat, tidak banyak yang membahas apakah masturbasi sama bermanfaat seperti seks dengan pasangan.

Namun, ternyata, masturbasi adalah cara paling aman untuk mencapai kenikmatan seksual. Selain itu, hasil sejumlah penelitian, orgasme karena kehidupan seks yanh sehat, bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Nah, dalam kondisi pandemi Virus Corona saat ini, aktivitas seks sehat rupanya bisa membuat mental Covid-19. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan masturbasi juga dapat menyehatkan.

Orgasme dapat membantu sistem kekebalan tubuh

Dikutip Kompas.com, penelitian terdahulu telah mengaitkan orgasme dengan peningkatan fungsi kekebalan tubuh. Pada tahun 2004, Bro, sebuah penelitian terhadap 11 pria yang diterbitkan dalam jurnal Neuroimmunomodulation menemukan gairah seksual dan orgasme mengaktifkan komponen-komponen sistem kekebalan tubuh.

Studi tersebut mengamati efek orgasme melalui masturbasi dikaitkan dengan jumlah sel darah dan peningkatan sistem kekebalan tubuh. Jumlah sel darah putih setiap peserta dicatat lima menit sebelum dan 45 menit setelah mencapai orgasme. Hasilnya, jumlah sel darah putih itu lebih tinggi pasca-orgasme.

Apakah penelitian ini berarti orang harus memanjakan diri dalam masturbasi agar tetap sehat?
“Ada beberapa studi sangat kecil yang menunjukkan bahan kimia yang terkait sistem kekebalan tubuh dipengaruhi rangsangan seksual.”

Begitu kata Gail Saltz, MD, profesor psikiatri di New York-Presbyterian Hospital Weill-Cornell School of Medicine kepada Health.

“Dari pengamatan saya, tidak ada penelitian yang mengatakan secara khusus bahwa masturbasi meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah atau membantu melawan infeksi,” katanya.
Meskipun demikian, para peneliti menemukan, masturbasi meningkatkan jumlah mediator inflamasi yang disebut leukosit (sel darah putih) dan sel pembunuh alami.

Keduanya melawan infeksi sebagai bagian dari respon kekebalan tubuh.

Sementara Jennifer Berman, MD, ahli kesehatan seksual, juga mencatat penelitian ini difokuskan pada pengalaman pria, sedangkan gairah seksual dapat memengaruhi tubuh wanita secara berbeda.

Namun secara keseluruhan, orgasme –dengan atau tanpa pasangan– memiliki manfaat kesehatan lain. “Seks mengurangi stres,” kata Britney Blair, PsyD, psikolog klinis dan pendiri The Clinic, klinik terapi seks di California Utara, AS, seperti dikutip dari Insider.

“Seks bisa seperti olahraga, yang bagus untuk jantung, paru-paru, dan sistem kekebalan tubuh,” kata Blair seraya menambahkan seks juga bagus untuk meningkatkan kualitas tidur dan memungkinkan kita tertidur lebih cepat, jadi secara keseluruhan, masturbasi bagus untuk kesehatan.

Hubungan masturbasi dan seks

Sayangnya, tidak ada penelitian yang membandingkan manfaat kekebalan dari masturbasi dibanding berhubungan seks dengan pasangan. Namun Blair mencatat, seks bisa saja memiliki manfaat tambahan untuk meningkatkan oksitosin –dikenal sebagai hormon pelukan– dan meningkatkan ikatan dengan pasangan.

Masturbasi juga telah ditemukan dapat merangsang produksi endocannabinoid, menurut The Journal of Sexual Medicine. Neurotransmitter ini, Bro adalah bagian dari sistem endocannabinoid, yang memainkan peran penting dalam mengatur tubuh.

Merangsang sistem endocannabinoid –seperti orgasme– dapat memiliki efek positif pada sistem kekebalan tubuh, peradangan, dan respon stres. Orgasme yang sering juga dapat memiliki manfaat kesehatan jangka panjang, baik melalui masturbasi atau hubungan seks.

Menurut Harvard Health Publishing, pria yang berejakulasi antara 4 dan 7 kali seminggu pada usia 20 – 29 tahun mengalami pengurangan risiko terkena kanker prostat di kemudian hari.
Penelitian ini termasuk ejakulasi melalui masturbasi, hubungan seksual, dan mimpi basah.

Meskipun tidak ada penelitian setara untuk wanita, Blair merekomendasikan agar wanita juga mendapatkan manfaat dari masturbasi atau orgasme. Kehidupan seks yang sehat, baik dengan pasangan atau diri sendiri, tentu baik untuk kita, meskipun tidak disebut frekuensi paling baik untuk tetap sehat.

“Tidak ada petunjuk beberapa kali kita harus berhubungan seks. Itu tergantung apa yang tepat untuk kita,” kata Berman.

Namun, Bro, perlu diingat bahwa masturbasi saja tidak menghentikan kita dari risiko penyakit. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kita harus mengatur pola makan seimbang dan olahraga.

“Cara paling penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh kita berfungsi normal adalah cara kuno yang tidak suka dibicarakan orang, yaitu diet dan olahraga.”

Demikian kata Timothy Mainardi, MD, ahli alergi dan imunologi yang berbasis di New York City, kepada Health.

Cara lain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurut Mainardi, termasuk tidur yang cukup, mencuci tangan dengan sabun dan air, dan menggunakan pembersih tangan saat kita berada di tempat umum.

Penulis: Adi Kurniawan
Editor: Adi Kurniawan

loading...
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close