News

Apa Itu Lockdown?

KATA Lockdown jadi trending dan menghiasi banyak laman media sosial serta media arus utama.

Bahasa asing ini jadi obrolan utama di masyarakat Tanah Air. Kebijakan Lockdown diberlakukan sejumlah negara terkait wabah Corona. Lantas apa sih Lockdown itu?

Berdasarkan kamus Bahasa Inggris, lockdown artinya kuncian. Maksudna negara yang terinfeksi virus corona mengunci akses masuk dan keluar sebagai pengamanan ketat untuk mencegah penyebaran virus corona.

Lockdown juga dilakukan dengan larangan mengadakan pertemuan yang melibatkan banyak orang, penutupan sekolah, hingga tempat-tempat umum. Dengan begitu, risiko penularan virus corona pada masyarakat di luar wilayah lockdown bisa berkurang.

Lockdown memiliki arti yang sama dengan isolasi. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, isolasi berarti pemisahan suatu hal dari hal lain atau usaha untuk memencilkan manusia dari manusia yang lain.

Adapun karantina merupakan tempat penampungan yang lokasinya terpencil guna mencegah terjadinya penularan (pengaruh dan sebagainya) penyakit dan sebagainya.

Hal itu, seperti yang dilakukan pemerintah Indonesia ketika memulangkan WNI dari Wuhan China.
WNI dari China tersebut dikarantina selama 2 minggu di Natuna, Kepulauan Riau. Selama karantina, para WNI diawasi ketat kesehatannya serta diberikan vitamin serta gizi untuk daya tahan tubuhnya.

Sebagai informasi, pemerintah Indonesia belum berencana untuk melakukan Lockdown seperti di negara-negara lain. Sebab, pemerintah menilai cara tersebut memiliki risiko yang tinggi, seperti meningkatnya jumlah kasus virus corona.

Tapi, konsekuensinya dengan Lockdown bisa saja kasus di situ naik dengan cepat. Pengalaman kapal Diamond Princess begitu lockdown, naik dengan cepat jumlahnya karena enggak bisa ke mana-mana. Yang sakit dan nggak sakit campur jadi satu.

Apakah pemerintah Indonesia memberlakukan lockdown? Presiden Jokowi Widodo memutuskan tidak ada lockdwon.

Ia juga menegaskan kebijakan lockdown ada di pemerintah pusat, bukan pemerintah daerah. Jadi, Indonesia berharap Tuhan campur tangan untuk keselamatan rakyatnya.


Redaksi bogornetwork.com

Show More

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Check Also
Close
Back to top button