Nusaraya

Besok Mal dan Usaha Makanan Dibuka di Kota Depok

loading...

BRO, Besok (Jumat, 5/6/2020) Pemkot Depok mengizinkan Pusat perbelanjaan/mal dan rumah makan dibuka. Namun, tetap diwajibkan sesuai protokol kesehatan.

Dibuka dua bidang usaha tersebut menjadi sektor yang akan dilonggarkan saat Depok memasuki fase “PSBB proporsional” sebagai transisi menuju new normal.

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengungkapkan Pemkot saat ini tengah menggodok peraturannya agar beroperasinya mal maupun rumah makan dapat disertai dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Termasuk ekonomi akan kita buka mal-mal dengan protokol kesehatan. Contohnya, besok akan kami sosialisasikan,” kata Idris kepada wartawan, kemarin (Rabu, 3/6/2020).

Pada sektor kuliner, Idris baru membocorkan salah satu protokol yang harus dipenuhi oleh rumah-rumah makan, yakni hanya dapat menampung 50 persen kapasitas makan di tempat.

“Misalnya 1 restoran yang kalau kapasitas bangkunya 4, itu hanya boleh 2,” ujarnya seraya menambahkan pihak sudah menyiapkan peraturan dan ketentuannya itu.

PSBB proporsional dengan ketentuan level 3 (cukup berat) bakal dijalankan pada 5 Juni 2020 nanti di sebagian besar wilayah Depok yang kasus positif Covid-19-nya kurang dari 2 kasus.

Sementara itu, saat ini 31 RW di 19 kelurahan di Depok masih mencatat kasus positif Covid-19 lebih dari 2.

Sebanyak 31 RW itu akan menerapkan PSBB lokal bertajuk Pembatasan Sosial Kampung Siaga (PSKS), yakni sejenis PSBB biasa namun lingkupnya level RW.

Ketentuan mengenai PSBB proporsional level 3 maupun PSKS sedang dirumuskan dan kemungkinan besar bakal diumumkan besok, Kamis (4/6/2020).

Data per Selasa (2/6/2020) kemarin, Kota Depok sudah mencatat 564 kasus positif sejak awal Maret 2020 dengan 264 pasien di antaranya dinyatakan sembuh.

Angka kematian mencapai 115 kasus, gabungan dari kematian 30 pasien positif Covid-19 dan kematian 85 suspect/PDP yang menurut pedoman WHO, keduanya dihitung sebagai kematian berkaitan dengan Covid-19.

Penulis: Redaksi si Bro

Editor: Adi Kurniawan

 

loading...
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close