BogorianNewsNusarayaPendidikanPolitika

Dari Dirut Hingga Kepala RRI , Ramai-Ramai Berebut Jadi Anggota Dewas

loading...

BRO. Seleksi Calon Anggota Dewan Pengawas Radio Republik Indonesia(RRI) Periode 2021-2026, berlangsung ketat dan transparan.

Mulai dari kalangan profesional maupun pejabat RRI , ikut meramaikan bursa calon anggota Dewan Pengawas RRI,  periode 5 tahun mendatang.

Panitia Panitia Seleksi Calon Anggota Dewan Pengawas Radio Republik Indonesia Periode 2021-2026 ,sudah mengumumkan ada 184 nama yang lolos seleksi administrasi dari total 672 pendaftar.Dengan demikian 588 orang pendaftar dinyatakan gugur,  tidak lolos seleksi administrasi.

Nama-nama yang lolos tersebut berhak mengikuti seleksi tahap berikutnya yaitu penulisan makalah/ karya ilmiah.

Tahapan ini akan dilakukan secara daring di mana para calon Anggota Dewas RRI berada di tempat masing-masing. Adapun pelaksanaannya pada hari Senin, 16 November 2020 pukul 09.00 Wib.

“Keputusan Panitia Seleksi bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat,” jelas Ketua Pansel Calon Anggota Dewas RRI, Ahmad Ramli dalam pengumumannya Sabtu (7/11/2020).Seperti dikutip dari laman kominfo.go.id dan seleksi.kominfo.go.id.

Pansel berharap peserta diwajibkan sudah terkoneksi secara daring 60 (enam puluh) menit sebelum pelaksanaan seleksi.

Berdasarkan data, Dari 184 orang Calon tersebut, ternyata ada 23 orang pejabat eselon II setingkat kepala RRI. Bahkan Direktur Utama RRI, tak mau ketinggalan, ikut meramaikan Bursa Calon Anggota Dewas RRI.

Di internal RRI sendiri, memang ada 23 orang nama pejabat yang disetujui Dirut RRI untuk mengikuti bursa Calon anggota Dewas RRI. Seperti surat rekomendasi Dirut RRI No.2197/DU/10/2020, yang diterima Pansel Calon Anggota Dewas RRI (13/10).

Dari nama tersebut, selain Dirut, ada sejumlah pejabat eselon II setingkat kepala RRI dari berbagai daerah ikut seleksi. Bahkan ada dua nama karyawan RRI dari PBPNS bukan pejabat, juga ikut mewarnai dan siap bertarung untuk bisa lolos menjadi anggota dewas RRI.

Berbagai kalangan memprediksi dengan keikutsertaan Dirut RRI, sebagai calon anggota Dewas, nantinya jika terpilih bersama anggota dewas lainnya , akan  mengawal figur/nama tertentu sebagai tongkat estafet kepemimpinan menggantikan dirinya sebagai Direktur Utama RRI termasuk memainkan komposisi tiga direktur lainnya.

Ilustrasi : RRI menginisiasi Program Belajar di radio. Program itu menjadi salah satu bentuk dukungan terhadap kebijakan Pemerintah Bekerja dari Rumah, Belajar dari Rumah dan Beribadah di rumah guna memutus rantai penyebaran Virus Corona (Covid-19).Foto ; .net.Kominfo.

Padahal proses seleksi di tingkat Pansel, nantinya hanya akan menyisahkan sejumlah nama untuk selanjutnya diserahkan ke DPR. Adapun Anggota Dewas RRI yang dibutuhkan 5 (lima) orang.

Seperti diketahui, Komisi 1 DPR RI, nantinya akan melakukan fit and propertes sejumlah nama yang lolos di tingkat pansel,untuk menentukan 5 orang anggota Dewas RRI.

Seperti  periode sebelumnya, DPR RI menetapkan 3 orang dari Unsur RRI dan 2 orang lainnya yang mewakili dari unsur pemerintahan dan publik.

Publik banyak berharap, terpilihnya Anggota Dewas RRI periode 5 tahun mendatang,adalah  yang terbaik dan berkemampuan  memajukan  RRI sebagai lembaga penyiaran publik terpecaya, unggul dan solutif serta bisa menjangkau pelosok NKRI tercinta.

Penulis : Rizky Multri Prayasa
Editor   : Adjet.Lazuardy

loading...
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close