BisnisBogorianKomunitasNusaraya

Menteri Pertanian Dorong Peran Swasta Di Sektor Pertanian

Impian Selama 24 tahun, Petani Pasir Laja, Sukaraja Kabupaten Bogor, Terwujud, Setelah Adanya Saluran Irigasi Sepanjang 2 Kilometer .

loading...

BRO. Di masa pandemi Covid-19, ini, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengajak Peran Swasta dalam meningkatkan dan menunjang sektor pertanian dewasa ini sehingga mampu mengembangkan sistem ketahanan pangan.

” Peran serta Swasta ditengah keterbatasan pemerintah dalam mengembangkan sektor pertanian memang begitu diharapkan, kami sangat mendukung dan mendorong keterlibatan swasta dalam meningkatkan potensi-potensi di bidang pertanian” jelas Menteri Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, saat melakukan kunjungan ke Green house Microirigation milik Swasta di Sukaraja Kabupaten Bogor,belum lama ini.

Menurutnya,anak anak muda indonesia memiliki jiwa kreasi yang tinggi untuk menjawab semua tantangan-tantangan di sektor pertanian tanah air.

Baca Juga :Menteri Pertanian Minta IPB Terdepan Lakukan Inovasi Pertanian

” Bagi petani petani muda, ciptakanlah kreasi kreasi atau inovasi inovasi teknologi pertanian agar pertanian tanah air semakin maju,” ajak Syahrul.

Untuk mensinkronkan dengan pernyataan Menteri Pertanian tersebut, sebagai Pihak Swasta PT Megapolitan Develompent TBK, melalui dana Corporate Social Responsibility- nya( CSR) secara bertahap membangun Irigasi sepanjang 2 kilometer dengan lebar 2 meter di Desa Pasirlaja, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor.

Pembangunan irigasi ini bertujuan agar masyarakat kampung Leuwikotok, ini dapat kembali menikmati Saluran irigasi yang sudah hampir 25 tahun tidak berfungsi akibat rusak dan tertimbun.
Dampaknya para petani di kampung tersebut tidak dapat bertani secara maksimal dan bahkan tidak sedikit petani yang beralih jenis tanaman dari padi menjadi singkong.

Sementara itu, General Manajer Vivo Sentul PT Megapolitan Develooment TBK, Nanang Tricahyo, menyatakan keterlibatan pihaknya dalam membangun Irigasi ini, sebagai upaya agar masyarakat dapat kembali bertani dengan baik dan mendapatkan hasil produksi pertanian yang baik sehingga sistem ketahanan pangan warga dapat terjaga.

Baca Juga : Jonggol Kembangkan 300 Hektar Kawasan Industri Ramah Lingkungan

” Selain bermanfaat bagi pertanian, dibangunnya irigasi ini, juga memberikan jaminan kesehatan masyarakat. Seperti tidak ada jentik nyamuk, sampah maupun saluran yang tersumbat ” ujarnya.

Lebih lanjut, Nanang juga berjanji , pihaknya akan terus membantu masyarakat desa dengan membangun Irigasi, agar dapat di manfaatkan dengan kurun waktu yang panjang.

” Adanya program irigasi dari CSR kami ini, petani bisa kembali bercocok tanam dan bebas memilih tanaman apapun yang mereka anggap produktif sehingga sistem perekonomian mereka berjalan dengan baik,” tuturnya.

Ditempat yang sama, warga Desa Pasirlaya juga mengaku senang dapat kembali memiliki irigasi untuk menunjang usahanya dalam bertani.

” kami senang ada irigasi lagi, kami sudah menunggu 24 tahun lamanya agar desa kami memiliki irigasi, semoga ini menjadi berkah untuk semua, termasuk untuk PT Megapolitan yang sudah membantu kebutuhan kami, ” ungkap Hasanudin.

Penulis : Iduy.YD
Editot : Azwar Lazuardy

loading...
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close