Nusaraya

Pemkot Depok Bersinergi dengan Perguruan Merpati Putih Berantas Corona

Wabah Corona

loading...

BRO, Sebagai realisasi dari program pelatihan pernafasan untuk pencegahan penyebaran virus Covid-19 di Kota Depok, Perguruan Pencak Silat Tangan Kosong (PPS BETAKO) Merpati Putih Cabang Depok mengadakan audensi dengan Wakil Ketua Gugus Tugas COVID Kota Depok Dudi Mi’raz Imaduddin, kemarin (Senin, 8/6/2020).

Ketua Cabang PPS BETAKO Merpati Putih Depok, M. Andri mengatakan, pihaknya ingin berbagi untuk kepentingan masyarakat Kota Depok dengan memberikan metode pernafasan yang berpotensi tinggi sebagai gugus depan atau frontliner. Misalnya tim medis atau semua komponen, baik pemerintah dan relawan yang berhubungan langsung kepada pelayanan masyarakat.

Menurutnya, Merpati Putih memiliki metode pernafasan, baik secara fisik mampu meningkatkan fungsi organ tubuh, otot. Secara psikologi sebagai relaksasi/meditasi dan methafisis sebagai olah kanuragan untuk melatih mental dan fisik.

“Biasanya aktivitas manusia dengan nafas pendek menghasilkan pH darah (di bawah 6,5-7,0) yang bersifat asam yang banyak mengandung Co2. Dengan metode pernafasan Merpati Putih, memaksimalkan fungsi paru sebagai gerbang masuknya O2 untuk suplai oksigen dan jantung untuk memompa darah yang kaya oksigen. Bila proses ini dilakukan secara konsisten dengan konsentrasi, menyebabkan turunnya tekanan karbondioksida dalam tubuh, di mana asam karbonat berubah menjadi air, yang akhirnya menghasilkan keseimbangan baru antara ion bikarbonat dan karbondioksida. Kondisi ini mampu meningkatkan pH darah mencapai 7.35 sampai 9 yang bersifat basa dan mampu meningkatkan kualitas fungsional sel secara menyeluruh dan alami mampu menghambat masuknya virus ke dalam tubuh,” jelas Andri.

Ini adalah bentuk syiar PPS BETAKO Merpati Putih Depok memperkenalkan manfaat metode pernafasan Merpati Putih sebagai upaya pelestarian budaya bangsa untuk seluruh komponen masyarakat Kota Depok untuk pencegahan penularan Virus Covid-19 di Kota Depok. 

Sesuai motto perguruan yaitu Sumbangsihku Tak Berharga Tapi Keikhlasanku Nyata.

Wakil Ketua Gugus Tugas COVID Kota Depok Dudi Mi’raz Imaduddin menyambut baik niat PPS BETAKO Merpati Putih Depok, mengingat masih ada Kelurahan Depok masuk zona merah. 

Kondisi ini harus disikapi dengan pentingnya sinergi antara pemerintah dan seluruh komponen masyarakat sehingga pendemi ini segera berakhir yang berimbas kepada hajat hidup masyarakat luas khususnya di Kota Depok kembali normal.

“Kami memberikan apresiasi kepada seluruh komponen masyarakat yang ingin membantu pencegahan Covid-19 di Kota Depok. Apalagi Merpati Putih adalah budaya bangsa kita yang harus dilestarikan dan memiliki metode pernafasan yang berguna untuk kesehatan tubuh. Dan Insya Allah bermanfaat untuk personel gugus tugas frontliner yang langsung berhubungan dengan masyarakat di Kota Depok,” tutur Dudi.

Penulis: Adi Kurniawan

Editor: Adi Kurniawan

loading...
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close