Nusaraya

Pemkot Jakpus Berlakukan Hukuman Sambil Pakai Rompi Oranye

Rompi Oranye PSBB

loading...

BRO, Pemkot Jakarta Pusat bakal memberlakukan hukuman bagi pelanggar PSBB. Hukumannya berupa membersihkan fasilitas umum (fasum) sambil mengenakan rompi bertuliskan Pelanggar PSBB. Hukuman itu merupakan sanksi tegas yang dilakukan Satpol PP Jakarta Pusat. Pelanggar harus membersihkan fasos dilakukan selama satu jam.
“Kami di kota (Jakarta Pusat) sendiri disiapin 50 rompi dibagiin ke semua regu, semua penindak,” ujar Kepala Seksi PPNS Satpol PP Jakarta Pusat Gatra Pratama, kemarin (Selasa, 12/5/2020).
Menurutnya, pemberian sanksi tersebut sesuai dengan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 41 Tahun 2020 tentang Pengenaan Sanksi Terhadap Pelanggaran PSBB.
Dalam Pergub itu, kata Gatra, para pelanggar bisa dikenakan sanksi kerja sosial berupa membersihkan sarana fasilitas umum.
Secara teknis, lanjutnya, Satpol PP Jakarta Pusat akan meminta para pelanggar membersihkan fasilitas umum paling lama selama satu jam.
“Kerja sosial itu seperti membersihkan fasilitas umum, kayak halte ataupun itu dengan mekanisme di teknis kami itu selama kurang lebih satu jam,” ungkapnya.
Nantinya, para pelanggar akan
mengenakan rompi khusus dan alat kebersihan untuk menjalankan tugasnya.
Gatra berharap dengan adanya sanksi ini bisa memberikan efek jera kepada masyarakat agar tidak lagi menyepelekan aturan yang berlaku selama PSBB.
“Kami sediakan rompi orange bertulisan ‘Pelanggar PSBB’, ini saja kan namanya sanksi sosial. Sapunya pun juga kita sediakan. Penerapan penerapan itu yang akan dilakukan mulai besok,” tegasnya.
Diketahui PSBB DKI Jakarta berlaku hingga 22 Mei 2020 dan bisa diperpanjang sesuai kebutuhan apabila masih ditemukan positif Covid-19.
Selama PSBB, seluruh kegiatan masyarakat di luar rumah akan dibatasi untuk memutuskan rantai penularan Covid-19.

Penulis: Redaksi si Bro
Editor: Adi Kurniawan

loading...
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close