Nusaraya

Polda Jabar Paksa 9.477 Kendaraan Putar Balik

Operasi Ketupat Lodaya 2020

loading...

BRO, Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat memaksa 9.477 kendaraan putar balik ke daerah masing-masing. Sebab mereka nekat melakukan perjalanan mudik lebaran.

Meski  adanya larangan mudik lebaran, tingkat kepadatan lalu lintas di sejumlah wilayah mengalami peningkatan, termasuk  di wilayah Jawa Barat ( Jabar) , yang menjadi pintu gerbang mobilitas kendaraan  wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Berdasarkan data dari gerbang Tol Cikatama , sejak digelar Operasi Ketupat Lodaya ,  tercatat ada 304.471 kendaraan yang masuk ke wilayah Jabar. Sedangkan kendaraan yang keluar dari Jabar hampir sama, yakni 302.297 unit kendaraan.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Saptono Erlangga Waskitoroso mengatakan, puncak jumlah kendaraan yang masuk ke Jabar terjadi pada Selasa (19/5/2020) dengan jumlah  mencapai 16.693 kendaraan.

Sementara semakin mendekati Lebaran, jumlah kendaraan yang masuk terus mengalami penurunan meski masih tetap tergolong tinggi, yakni mencapai 11.320 unit kendaraan pada Jumat (22/5/2020).

Berdasarkan jumlah tersebut, ada ribuan kendaraan yang dipaksa putar balik karena tidak memenuhi persyaratan untuk bisa melanjutkan perjalanan.

“Untuk jumlah kendaraan yang dikembalikan atau diputar balik sebanyak 9.477 unit. Jumlah tersebut terdiri dari kendaraan roda empat sebanyak 4.121 unit, kendaraan roda dua sebanyak 4.508 unit dan kendaraan umum mencapai 848 unit,” kata Erlangga, Sabtu (23/5/2020).

Guna mengantisipasi dan menghalau pemudik yang  nekad ingin pulang  kampung , Polda Jabar , melalui Operasi Ketupat Lodaya , terus meningkatkan penyekatan  di 8 titik  wilayah perbatasan Provinsi  Jawa Barat.

” Ya,  kita perkuat pengamanan di pos penyekatan kendaraan di perbatasan. Agar tidak ada lagi pemudik bisa mengelabui petugas , seperti sewa travel gelap,” tegas Kombes Pol Saptono Erlangga Waskitoroso

Adapun 8 Pos Perbatasan Provinsi di antaranya ; di wilayah Karawang 2  Pos penyekatan kendaraan , di  KM 47 Tol Japek dan  di Tanjungpura.  Sukabumi di Gunung Butak.  Cirebon juga ada 2 Pos penyekatan di Susukan / Losari dan Gerbang Tol Palimanan. Sedangkan di Wilayah Kuningan ,  di Pos Cibimbin. Sementara wilayah  Banjar, ada Pos Cijolang dan  wilayah Ciamis,  Pos Penyekatan ada di Kalipucang.

Penulis : Redaksi si Bro
Editor   : Adi Kurniawan

 

loading...
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close