PolitikaNews

Rudy Susmanto Jadi Ketua ADKASI Provinsi Jawa Barat

loading...

BRO. Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto dipercaya menjabat ketua Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia (ADKASI) tingkat Provinsi Jawa Barat. Politikus Partai Gerindra yang dikenal ramah ini didaulat menahkodai ADKASI  dalam forum silaturahim DPRD dari 18 kabupaten se wilayah Jawa Barat di Bandung, Kamis (10/09).

“Tugas dan tanggung jawab jadi ketua ADKSI kan tidak ringan, tapi dengan dukungan rekan-rekan ketua DPRD dari 17 kabupaten, Insya Allah, amanah ini akan saya jalankan sebaik mungkin dengan penuh rasa tanggung jawab,”kata Rudy saat dihubungi pewarta pada Kamis malam (10/9/2020).

Menurut pria penghobi mobil offroad itu ada dua hal strategis yang akan menjadi fokus kerja ADKASI Jawa Barat dalam beberapa tahun ke depan.  Dua hal itu diantaranya  menyamakan persepsi jika Kebijakan Umum Anggaran dan  Priorotas Plafon Anggaran Sementar (KUA- PPAS) untuk APBD 2021 dan APBD 2021 harus fokus pada percepatan pertumbuhan ekonomi.

“Sejak pandemi Covid -19, hampir sebagian aktivitas perekonomian tertekan. Makanya, di APBD 2021 itu, semua anggaran harus lebih difokuskan untuk program pemulihan ekonomi daerah, semisalnya membantu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mendorong daya beli masyarakat,”ujar Rudy.

ADKASI Jawa Barat, lanjut dia, akan mendorong agar perlindungan petani dan nelayan masuk dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah (Promperda) di masing-masing kabupaten se Provinsi Jawa Barat.

“Perda perlindungan petani dan nelayan akan menjadi payung hukum bagi pemerintah untuk membantu petani dan nelayan menghadapi permasalahan kesulitan memperoleh prasarana dan sarana produksi, ketersediaan lahan, kepastian usaha, risiko harga, kegagalan panen, praktik ekonomi biaya tinggi dan perubahan iklim,” tegasnya.

Keberadaaan Perda perlindungan petani dan nelayan di masing-masing kabupaten, kata Rudy akan membawa pada peningkatan derajat kehidupan kaum petani, nelayan, pembudidaya ikan dan petambak garam sehingga bisa mengurangi angka kemiskinan petani dan nelayan, petambak, apalagi hampir sekitar 45  persen dari penduduk Jawa Barat melakoni profesi tersebut.

“Merujuk data Badan Pusat Statitik (BPS) Jawa Barat 2019, kontribusi sektor pertanian dan perikanan pada PDRB Jawa Barat dalam 7 tahun terakhir sangat signifkan sebesar 8,44 persen, peringkat ke-3 di bawah sektor industri pengolahan dan perdagangan dan jasa,”tutupnya.

Sebagai informasi, selain memilih Rudy Susmanto, sebagai ketua ADKASI, forum silaturahim pun mempercayakan  Ketua DPRD Kabupaten Bandung, Sugianto sebagai sekretaris ADKASI Jabar, dan Ketua DPRD Kabupaten Cianjur, Ganjar Ramadhan sebagai bendahara.

 

Penulis  : Irfan Patria Irawan
Editor    : Arie Surbakti

loading...
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close