NewsBogorianPolitika

Fakultas Hukum Unpak Bogor Bentuk Empat Pusat Unggulan Penegakan Hukum

Kontrol Kinerja Pemerintah Terkait Berbagai Tindak Kejahatan di Tanah Air

loading...

BRO.Fakultas Hukum Universitas Pakuan Bogor membentuk empat Pusat Ungulan yang berperan dalam upaya penegakan hukum dan pencegahan tindak kejahatan.

Terobosan yang dilakukan FH Unpak Bogor bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang mumpuni dan bertanggungjawab bagi kemajuan hukum Tanah air.

Menurut Dekan Fakultas Hukum Unpak Bogor, Dr Yenti Garnasih SH,MH, Pusat Unggulan ini meliputi kejahatan ekonomi dan pencucian uang, perlindungan konsumen, ketenagakerjaan, konstitusi dan HAM.

“Dibentuknya 4 pusat unggulan ini mencakup fenomena penegakan hukum di Indonesia yang sering muncul ke permukaan, seperti selain korupsi, pencucian uang, perdaganganĀ  narkotika, kejahatan perbankan, fenomena investasi bodong dan semua yang ada kaitan dengan kejahatan ekonomi akan kami kaji,”jelas Yenti kepada Bogornetwork.com di Kampus Unpak Bogor, Rabu (23/9/2020).

Ia juga menyebut, masalah perburuhan yang tidak pernah selesai, sengketa demokrasi yang masih dipersimpangan jalan serta masalah-masalah terkait Pilkada atau Pilpres. “Kasus perlindungan HAM bagi rakyat kecil dan perlindungan konsumen menjadi perhatian kami.”

Yenti yang merupakan Doktor Pertama Tindak Pidana Pencucian Uang di Indonesia ini mengatakan, Fakultas Hukum Unpak Bogor tidak hanya sekedar mencetak sarjana hukum saja, melainkan harus menjadi pusat pengembangan Ilmu Hukum di Tanah Air.

“Lembaga pendidikan diĀ  Unpak Bogor juga sebagai pusat pengembangan ilmu. Itu sejalan dengan visi dan misi Univesitas Pakuan yang Mandiri Unggul dan Berkarakter,” ucap mantan Ketua Pansel KPK ini.

Dekan FH Unpak menceritakan, Pusat Unggulan ini diarahkan untuk melakukan kajian filosofis, yuridis dan sosiologis atas fenomena pelaksanaan hukum di Indonesia.
“Ya, mulai dari pembentukan penerapan aparat penegak hukum kelembagaan dan kesadaran hukum masyarakat,” ujarnya.

Sedangkan untuk target dari pusat unggulan tersebut disampaikan Yenti diantara dapat memberi masukan, dan melakukan kontrol kepada kinerja pemerintah dalam bidang hukum.

Ke depan, Ia menambabkan, Pusat Unggulan tidak hanya sebagai Pusat Kontrol, tapi untuk memperluas wawasan keilmuan para mahasiswa FH Unpak. Empat Pusat Unggulan tersebut dipersiapkan untuk membantu negara dalam penegakan hukum, yakni untuk memberikan keterangan sebagai ahli.

“Pusat Unggulan kami ini juga mengkaji pembahsan RUU dan memberikan masukan, penelitian serta penyuluhan terkait Hukum, sehingga bisa sinergi dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” kata Yanti.

Empat Pusat Unggulan FH Unpak Bogor dalam waktu dekat akan dperkenalkan kepada publik. “Universitas sudah setuju, dan mudah-mudah dalam waktu dekat ini kami Launching,” pungkas dia.

Penulis : Yudi Irawan
Editor : Arie Surbakti

loading...
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close