NewsBogorian

Ini Aktivitas yang Dibatasi Pemkab Bogor Saat PSBB Berlangsung

loading...

BRO, Pemkab Bogor akhirnya memutuskan pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayahnya akan berlangsung selama 14 hari bersamaan dengan empat daerah penyangga ibukota lainnya yang ada di Jawa Barat yakni Kota/Kabupaten Bogor, Kota Depok dan Kota/Kabupaten Bekasi (Bodebek) pada Rabu (15/04/2020) mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Bogor Ade Yasin usai mengikuti rapat koordinasi antara Pemrov Jabar dengan lima kepala daerah Bodebek lainnya yang sudah ditetapkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk melaksanakan PSBB.

“Jadi Kabupaten Bogor juga sepakat pelaksanaannya (PSBB) akan dimulai pada Rabu 15 April 2020 secara serentak oleh lima daerah Bodebek. Kemhdian nantinya akan dievaluasi lagi setelah 14 hari dan kemungkinan bisa diperpanjang jika memang diperlukan,” kata Ade, Senin (13/04/2020).

Selama PSBB berlangsung ada beberapa aktivitas tertentu yang dibatasi diantaranya ibadah dilakukan dirumah masing-masing, belajar dan bekerja dirumah (Work From Home), selalu gunakan masker jika terpaksa keluar rumah, kerumunan hanya boleh maksimal 5 orang, angkutan penumpang hanya boleh 50 persen dari kapasitas, rumah makan hanya melayani pesanan bawa pulang (take away).

“Serta jam operasional pasar rakyat dibatasi mulai pukul 04.00 –¬†12.00 WIB, toko dan minimarket (08.00-18.00 WIB), supermarket dan Hypermarket mulai pukul 10.00 – 18.00 WIB,” ungkapnya.

Tak hanya itu, selama PSBB diterapkan, pihaknya akan memberikan bantuan  untuk masyarakat sesuai dengan data kategori Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan kelompok rawan miskin baru.

“Ada juga bantuan untuk non DTKS non lokal tapi bekerja dan tinggal di Bogor. Sumber bantuan ini berasal dari pusat, provinsi dan daerah. Hingga saat ini kita masih dilakukan pendataan oleh RT/RW dengan pengawasan Babinsa dan Babinkamtibmas,” katanya.

Maka dari itu, pihaknya meminta warga untuk ikut aktif mengawal proses pendataan ini agar tepat sasaran.
“Kita juga semua tentu berharap pelaksanaan PSBB ini bisa berjalan dengan baik serta sesuai dengan harapan kita bersama,” pungkasnya.

Penulis : Hari Y

Editor : Hari Y

loading...
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close