BogorianaNews

Cegah Tawuran, SMK YKTB Bogor Utamakan Peningkatan Disiplin Bagi Siswa

BRO. KOTA BOGOR – Fenomena tawuran antar pelajar, yang semakin menakutkan akhir-akhir ini, tentu menjadi perhatian serius bagi salah satu pihak penyelenggara Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan – SMK Yayasan Kejuruan Tekhnologi Baru (YKTB) Kota Bogor.

Guna mencegah kenakalan remaja yang cenderung melakukan penyimpangan atau perilaku negatif hingga berujung pidana itu, Pihak SMK YKTB tentunya harus mengantispasi agar fenomena tawuran pelajar tidak terjadi terhadap  siswa-siswi SMK tersebut.

“Ada beberapa langkah yang dilakukan pihak sekolah terhadap siswa-siswa YKTB baik lingkungan sekolah maupun di luar sekolah,” ungkap kepala sekolah SMK YKTB 1 Kota Bogor, H. TB Eddie Darmawan Ketika bogornetwork.com menyambangi SMK YKTB, di Jalan Semeru Kota Bogor, Selasa (21/3)

Menurut Eddie, dirinya sebagai Kepala Sekolah  SMK YKTB 1 maupun Kepala Sekolah SMK YKTB 2, H. Tubagus Kusnadi S.Pd dan Kepala Sekolah SMK YKTB 3 Bogor ,Kusnadi S.Pd., M.Pd., SE menyampaikan hal yang paling utama adalah meningkatkan  kedisiplinan bagi siswa-siswinya seperti masuk sekolah harus tepat waktu. Dengan demikian pihak sekolah dapat mencegah kenakalan remaja khsususnya tawuran terhadap siswa SMK YKTB.

“Masuk ruangan kelas  harus tepat waktu, jika seorang siswa atau siswi tidak masuk, maka langsung di tanya melalui grup kelas, jika tidak ada respon dari yang bersangkutan, maka wali kelas akan menghubungi  orang tua murid/wali murid ,” ujar TB. Eddie Darmawan

“Bahkan yang rawan itu, siswa berangkat dari rumahnya ke sekolah tetapi tidak sampai ke sekolah, jadi kami akan menghubungi setiap siswa maupun siswi yang tidak masuk,” sambungnya

Selain itu, para kepsek SMK YKTB juga mengaku para siswa dan siswi diberikan kesibukan yang bermanfaat di sekolah. Setiap pagi para siswa muslim wajib melaksanakan tadarusan.

” Setiap Jum’at pagi para siswa/siswi melakukan kegiatan Tawasulan dilanjutkan dengan Sholat Dhuha dan Tausyiah dan pada saat waktu sholat Jum’at tiba, semua siswa melakukan  sholat Jum’at berjemaah ,” kata Eddie

Sekilas untuk diketahui,  sejak tahun 1985, Yayasan Kejuruan Tekhnologi Baru (YKTB)  menyelengarakan pendidikan STM sekarang SMK YKTB 1

Eddie Darmawan juga memaparkan keberhasilan  YKTB  dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan menyiapkan tenaga kerja terampil dan profesional, maka di awal tahun tepatnya tanggal 17 Januari 1990, YKTB  menyelenggarakan pendidikan kejuruan di bidang bisnis dan manajemen dengan membuka SMK YKTB 2 Bogor.

”Program keahlian Sekretaris dan Akutansi, ternyata banyak diminati siswa , “pungkas Eddie.

Penulis :  Rajiv
Editor   :   Adjet

Show More

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button