BogorianaNewsNusaraya

Debit Air Ciliwung Meningkat, Bogor Siaga 3, Warga Jakarta Siap-Siap

BRO. BOGOR – Hujan dengan intensitas lebat yang mengguyur wilayah Bogor sejak pagi hingga petang ini, Rabu (31/1) khususnya di kawasan Puncak Kabupaten Bogor, mengakibatkan debet air Sungai Ciliwung yang terpantau di Bendung Katulampa Bogor menyentuh angka 110 centimer atau status siaga 3.

Petugas pantau Bendung Katulampa, Andi Sudirman mengatakan, peningkatan debet air sungai Ciliwung tersebut terjadi akibat hujan yang mengguyur kawasan puncak dan wilayah Bogor cukup lebat sejak pukul 14.30 siang.

“Karena kawasan Puncak diguyur hujan terus-menerus sejak siang, TMA Bendung Katulampa yang sejak pagi hanya 30 sentimeter, akhirnya pada pukul 16.00 TMA mengalami peningkatan menjadi 110 sentimeter atau siaga 3,” kata Andi ketika dikonfirmasi,Rabu (31/1)

Andi mengatakan, dengan ketinggian muka air di bendung Katulampa menyentuh angka 100 senti meter berarti jumlah air sekitar 160 ribu liter perdetik, sehingga masuk katagori siaga tiga untuk Ciliwung.

“Jika di kawasan Puncak masih terus diguyur hujan maka hal ini harus diwaspadai karena tidak menutup kemungkinan ketinggian air di Bendung Katulama juga akan mengalami peningkatan yang juga jumlah air sungai yang mengalir ke wilayah Jakarta pun akan bertambah,” ujarnya

Untuk itu, pihaknya berharap dan menghimbau kepada semua warga yang tinggal dan rumahnya berada di sepanjang aliran sungai Ciliwung lebih waspada akan adanya peningkatan air yang dapat mengakibatkan banjir.

“Kami berharap warga Jakarta waspada jika hujan merata terjadi terus menerus di wilayah Bogor khususnya di kawasan Puncak serta Depok, akan adanya peningkatan debet air yang mengalir di sungai Ciliwung,” imbuh Andi

Pihaknya juga mengaku telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak termasuk dengan Pemerintah Kota Bogor, Depok, DKI, UPT Ciliwung-Cisadane, untuk memberikan update 24 jam kondisi cuaca dan ketinggian air di Bendung Katulampa.

“Debet air Ciliwung yang mengalami peningkatan dan mengalir dari Bendung katulamapa Bogor yang diperkirakan akan sampai hingga Jakarta sekitar 10 hingga 13 jam mendatang,” pungkas Andi

Penulis : Odhiq
Editor  :  Adjet

Show More

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button