News

Polresta Bogor Kota Beri Penyuluhan Bahaya Narkotika Kepada Pelajar

BRO. KOTA BOGOR – Satuan Reserse Narkoba (Sat Narkoba) Polresta Bogor Kota melakukan sosialisasi dan penyuluhan bahaya narkoba kepada para pelajar. Penyuluhan yang dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, diikuti sekitar 100 siswa dan siswi SMAN 1 Kota Bogor, pada Rabu (20/07/2022) siang.

Pada kesempatan itu tiga orang personel Sat Narkoba Polresta Bogor Kota, Iptu Usman Djunaedi, Bripka Dyah Ayu, Brigadir Adi menyampaikan berbagai materi bahaya narkoba yang dikemas agar bisa dipahami oleh para pelajar.

” Efek dari narkoba yang memaksa tubuh untuk beraktivitas atau melakukan rutinitas diluar kebiasaan orang normal. Penggunaan narkoba bisa membahayakan bagi tubuh karena membuat penggunanya tidak bisa mengendalikan tubuhnya seperti orang pada umumnya,” ungkap Bripka Dyah Ayu kepada awak media.

” Mereka yang melakukan penyalahgunaan narkoba jenis sabu, bisa kuat tidak makan berhari – hari, tidak tidur bahkan bisa sampai dua hari, apa yang akan mereka alami setelah itu ya drop. Karena badan kita itu normalnya makan sehari tiga kali tidur itu minimal satu hari sekali,” tambahnya.

Baca Juga     :Pendidikan Anti Korupsi, Kejaksaan Bogor Gelar Jaksa Masuk Sekolah

Selain itu dari sisi kesehatan Dyah juga menyampaikan, bahwa bahaya penggunaan narkoba itu bisa menimbulkan kerusakan terhadap organ tubuh maupun saraf.

” Ya seperti penggunaan sabu yang dapat memicu denyut jantung lebih cepat sehingga jantung bekerja lebih dari normal,” ujar Dyah.

Penyampaian materi dengan cara yang dapat dipahami itu juga diikuti dengan antusias oleh para pelajar. Bahkan beberapa dari mereka terlihat mencatat materi yang disampaikan oleh personel Sat Narkoba Polresta Bogor Kota.

Ditempat yang sama Kasat Narkoba Polresta Bogor Kota Komisari Polisi (Kompol) Agus Susanto mengatakan, kegiatan penyuluhan dan sosialisasi itu rutin dilakukan di kalangan pelajar.

” Terlebih saat ini merupakan masa penerimaan siswa siswi baru, dimana tingkat SMP naik tingkat ke jenjang SMA yang juga dalam lingkungan sosial para pelajar tersebut jadi lebih luas,” ungkap Agus.

Baca Juga    :DPRD Kota Bogor Kecewa, Tiga SKPD Belum Tindaklanjuti Temuan BPK

Untuk mencegah peredaran narkoba di kalangan pelajar kata Agus pihaknya juga melakukan berbagai upaya untuk memberikan materi dasar agar para pelajar memahami bahaya dan konsekuensi dari penyalahgunaan narkoba.

” Iya jadi selain memberikan sosialisasi dan penyuluhan tentang penyalahgunaan narkotika kami juga menjabarkan tentang dasar hukum dan anturan hukum mengenai sanksi hukum penyalanggunaan narkoba,” jelas Agus.

” Dan pelaksanaan sosialissi dan penyuluhan bahaya narkoba ini juga sebagai upaya Polresta Bogor Kota memutus mata rantai peredaran narkoba di Kota Bogor,” terang Agus.

Sementara Kasubsi Sie Penmas Polresta Bogor Kota Inspektur Polisi Satu (Iptu) Rachmat Gumilar mengatakan, bahwa penindakan terhadap peredaran narkoba ini sesuai arahan dan petunjuk serta komitmen dari Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro kepada jajaran Sat Narkoba Polresta Bogor Kota.”

” Untuk itu selain tugas utama melakukan penindakan dan pengungkapan peredaran narkoba Polresta Bogor Kota, juga berperan aktif memberikan sosialisasi dan penyuluhan kepada generasi muda agar tidak terjerumus dan masuk ke jurang peredaran dan penggunaan narkoba,” kata Rachmat.

Pelajar ini, lanjut Rachmat, sebagai ujung tombak generasi penerus yang masih dalam tahap tunbuh kembang sehingga perlu diberikan pemahaman sejak dini tentang bahaya narkoba, dan jangan sesekali dekat apalagi menggunakam narkoba karena dapat merugikan diri sendiri dan orang orang terdekat,” pungkasnya.

Penulis : DODY
Editor    : Adjet

 

Show More

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button