IndeksBogorianNews

770 Warga Binaan Lapas Cibinong Terima Remisi Kemerdekaan

loading...

BRO. Kementerian Hukum dan HAM melalui Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Cibinong, Kabupaten Bogor, memberikan remisi peringatan Hari Kemerdekaan ke-75 RI kepada 770 warga binaan.

Kepala Lapas Kelas II A Cibinong, Kabupaten Bogor Ardian Nova Christiawan menyebutkan, pemberian remisi tersebut dilakukan secara simbolis serentak dengan daring, melalui teleconference yang berpusat di Lapas Kelas IIA Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Baca Juga: HUT RI ke-75, 534 Warga Binaan Lapas Paledang Bogor Dapat Remisi

“Penyerahan kita lakukan secara simbolis via daring serentak seluruh Indonesia,” ata Ardian, di sela-sela pemberian remisi, yang berlangsung di Aula Sahardjo Lapas Kelas II A Cibinong, Senin (17/08/2020).

Pemberian remisi sendiri terbagi dalam dua jenis. Remisi Umum (RU) I dan RU II. Warga binaan yang mendapat RU I, masa hukumannya dipangkas antara satu hingga enam bulan. Sementara yang mendapat RU II langsung bebas dengan pemotongan masa pidana penjara yang sama dengan RU I.

Baca Juga: Usai Rapat Persiapan Agustusan, Remaja Ciampea Bogor Hilang Tenggelam di Sungai Cisadane

Warga binaan yang mendapatkan remisi, dipastikan sudah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Mereka juga dinilai telah berkelakuan baik selama menjalani pidana jika dihitung 6 bulan sejak tanggal penahanan hingga 17 Agustus ini.

Dalam pengurusan remisi yang merupakan hak bagi warga binaan, Lapas Cibinong menjalankan proses pengusulan dan penerimaan secara on line.

Baca Juga: Ditempatkan di Lapas Keamanan Super Maksimum Nusakambangan, Pengacara : Saya Hanya Bisa Video Call

“Dalam proses pengusulan dan penerimaan remisi 17 Agustus di Lapas Cibinong seluruhnya melalui on line, mulai dari pemberkasan hingga persetujuan dari kantor wilayah dan pusat. Sehingga data dapat mudah tersortir secara baik dan menekan angka penyalahgunaan wewenang seperti pungutan liar dan lainnya,” ucapnya.

Penulis: Hari YD
Editor: Arie Surbakti

loading...
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close