News

Raker PWI Kota Bogor 2022, Wali Kota Bima Arya Ajak Wartawan Jadi Konten Kreator

Ketua PWI Ari Surbakti , Blak-Blakan Otokritik Program PWI Kota Bogor

BRO. KOTA BOGOR. – Wali Kota Bogor Bima Arya  mengapresiasi Ketua PWI Kota Bogor Ari Surbakti  yang  melakukan otokritik untuk melakukan perbaikan  terhadap kiprah organisasi profesi  PWI yang menaungi sebagian besar insan pers di Kota Bogor.

“ Ini merupakan muhasabah terhadap kiprah PWI Kota Bogor,” ungkap Wali Kota Bogor Bima Arya dihadapan peserta ketika membuka Rapat kerja (Raker)  PWI Kota Bogor 2022,  di Kampus Universitas Pakuan  Bogor, Sabtu (3/9/2022).

Bima juga mengajak wartawan yang tergabung di PWI Kota Bogor untuk menjadi konten kreatif atau kreator melalui kanal-kanal media sosial atau digital.

Sebab, kata Bima, hal itu sangat penting. Kita melihat bahwa orang yang bergerak di dunia konten kreatif ini lebih cepat.

” Semangat konsolidasi rekan-rekan PWI  menjadi penting  untuk berinovasi.  Saya juga  mengajak  agar PWI  bersinergi bersama Pemkot Bogor terutama masuk ke dunia digital media supaya lebih menjangkau lebih banyak lagi viewer dan leaders,” ucap Bima.

Sementara Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto  juga mengapresiasi  insan pers  yang bernaung di PWI Kota Bogor , dalam kiprahnya  menjalankan fungsinya terutama dalam menghadapi pandemi Covid-19 hingga sekarang memasuki masa baru, era kebangkitan dan pemulihan ekonomi.

“Ide dan gagasan yang tercipta hasil raker ini, dapat terealisasi dan berdampak baik pada peningkatam kesejahteraan seluruh anggota PWI Kota Bogor,” pungkas Atang.

Sementara itu, Pengurus  PWI Jawa Barat, Ahmad Sukri  menyatakan  esensi raker adalah salah satunya indikator bahwa roda organisasi ini berjalan. Secara garis besar  terselenggaranya  raker yang merupakan amanah organisasi merupakan niat memulai sesuatu perubahan.

Walikota Bogor Bima Arya ketika membuka Raker PWI Kota Bogor 2022 di Unpak Bogor (3/9). Foto : Si Bro

“Raker ini , sebagai wujud  peningkatan  profesionalitas wartawan, kinerja kita semua. Melalui raker ini tercipta program-program  unggulan  khususnya di bidang kesejahteraan,” jelasnya.

Sedangkan Ketua PWI Kota Bogor Ari Surbakti merasa bangga terhadap  panitia penyelenggara termasuk  perserta Raker yang  penuh dedikasi  ikut memberikan ide dan gagasan  terkait program kerja yang menjadi amanah  dalam kepengurusan PWI Kota Bogor periode  2021-2024.

“Alhmadulillah kita bisa berkumpul di aula Graha Pakuan Siliwangi, Universitas Pakuan ini untuk menyelenggarakan raker PWI Kota Bogor yang ke dua. Terimakasih kepada panitia dan rekan-rekan yang telah membantu dan mensukseskan raker PWI Kota Bogor. Semoga semua program, ide dan gagasan yang tercipta hasil raker  ini dapat terealisasi dan berdampak baik pada peningkatam kesejahteraan seluruh anggota dan pengurus PWI Kota Bogor,” Kata Ari dengan bangga

Adapun butir-butir kesepakatan  hasil Raker PWI Kota Bogor yang  terbagi  dalam   program kerja unggulan , jangka menengah dan jangka panjang diantaranya  melaksanakan kegiatan  Uji Kompetensi Wartawan ( UKW)  sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme serta kompetensi wartawan.

Membentuk Bengkel Jurnalis, sebagai sarana peningkatan  pengetahuan  bagi kalangan wartawan  anggota PWI Kota Bogor.  Termasuk bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bogor dan stake holder lainnya terkait sosialiasi  UU Pers maupun  Penerapan Kode Etik Wartawan  dalam menjalankan tugasnya sebagai insan pers.

Hal  lain yang menjadi perhatian peserta Raker adalah perlunya  penambahan  kelengkapan fasilitas kerja disekretariat PWI Kota Bogor  seperti  komputer untuk  menunjang  kinerja  wartawan anggota  PWI .  Pengurus PWI Kota Bogor juga diamanahkan  untuk menjalin kerjasama  kewartawanan dengan organisasi profesi kewartawanan lainnya.

Usulan menarik yang disepakati  peserta Reker  adalah   PWI kota Bogor  harus  memiliki  bangunan kantor/Sekretriat PWI kota Bogor  secara permanen  ( aset  milik PWI )  dengan  kelengkapan  sarana pendukung  lainnya.

Program lainnya yang menjadi amanah Raker adalah mengoptimalkan keberadaan Koperasi  PWI Kota Bogor sebagai upaya  mensejahterakan wartawan seperti  memberikan  kemudahan  pengajuan  pengambilan  perumahan KPR/BTN bagi wartawan . Begitu pula  program  bea siswa pendidikan  sebagai upaya memberikan spirit prestasi bagi anak-anak wartawan .

”keberadaan koperasi  PWI Kota Bogor, harus diakui  belum dirasakan  manfaatnya bagi anggota. Oleh karenanya, melalui Raker PWI Kota Bogor,   Pengurus koperasi  diminta segera melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) termasuk  melakukan penyegaran  kepengurusan Koperasi , sebagai  langkah optimalisasi   koperasi ,”ungkap sejumlah peserta menyoal kiprah Koperasi PWI Kota Bogor.

Menyikapi  hal itu,  Ari Surbakti mengakui   keberadaan Koperasi   belum berjalan optimal . Kedepan  melalui  usaha-usaha koperasi   yang  t idak mengikat  dan tidak bertentangan dengan hukum  diharapkan bisa memberikan peningkatan kesejahteraan bagi anggota.

“Karena pengurus koperasi belum berkoordinasi dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor, maka diharapkan RAT koperasi  bisa dilaksanakan  secepatnya sebagai langkah konkrit pembenahan koperasi yang bisa memberikan kesejahteraan bagi anggota PWI Kota Bogor,” ujar Ari

Sebelum   pembahasan program kerja  , Raker PWI Kota Bogor  di awali dengan   pemaparan  sejumlah program prioritas Pemerintah Kota  Bogor  hingga tahun 2023, oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah  serta dilanjutkan  sosialisasi  terkait Perda Bantuan Hukum Bagi  Masyarakat Miskin yang disampaikan Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto.

“Tahun 2023 merupakan tahun strategis karena tahun terakhir periode Wali kota Bogor  saat ini,  Bapak Bima Arya Sugiarto dan Bapak Dedie  A. Rachim.  Selain itu , di tahun 2023  juga sebagai  perwujudan  pelaksanaan  visi dan misi Kota Bogor selama periode 2019 sampai 2024 yakni terwujudnya Kota Bogor yang ramah keluarga, sehat, cerdas dan sejahtera,” ungkap Sekretaris Daerah  Kota Bogor, Syarifah Sofiah.

Selama Raker PWI Berlangsung hingga sore hari,  pelaksanaannya   dinilai berjalan cukup dinamis. Hal itu terlihat beberapa rencana program dibahas secara  komprehensif setelah menerima  usulan saran, ide dan gagasan peserta yang menjadi   kesepakatan  Raker sebagai amanah yang harus dijalankan Pengurus PWI Kota Bogor periode 2021-2024.

Selain Wali kota Bima Arya bersama Sekda Syarifah Sofiah  dan  Kadiskominfo Kota Bogor, Rahmat Hidayat , hadir di acara Raker PWI Kota Bogor diantaranya   Kasi Intel Kejaksaan Negeri Bogor, Sigit Prabawa Nugraha,  , Perwakilan Kapolresta Bogor Kota, Dirut Perumda Tirta Pakuan, Rino Indira Gusniawan, Wakil Rektor 2 Universitas Pakuan, Dr. Ir. Sufrin Hannan  dan  , Ketua KNPI Kota Bogor, Sapta Bela,

Editot   : Adjet

 

 

 

 

 

 

Show More

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button