IndeksBogorianNews

Puluhan Pegawai Puskesmas Positif Covid-19, Pemkot Bogor Targetkan Nakes untuk Jalani Swab Test

loading...

BRO. Menyusul ditemukannya 30 kasus baru positif Covid-19 di lingkungan Puskesmas, Pemkot Bogor menggelar rapid dan swab test massif dengan sasaran utama para tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas di seluruh fasilitas kesehatan (faskes) di kota hujan.

Juru Bicara Pemkot Bogor untuk Siaga Corona yang juga Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor Sri Nowo Retno menyebutkan swab test massif ini sangat diperlukan, karena sepekan terakhir lonjakan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 terjadi di lingkungan faskes. di Kota Bogor beberapa hari terakhir ini didominasi oleh pegawai yang bertugas di Puskesmas dan Labkesda Kota Bogor.

Baca Juga: Usai Tarawih, Dirut Umumkan Hasil Swab Test 51 Nakes RSUD Bogor Negatif Corona

“Dari total 974 orang, yang telah dilakukan skrining dengan jumlah tes 972 orang. Hasilnya, 30 orang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19,” kata Retno begitu biasa disapa Sri Nowo Retno dalam keterangan persnya, Kamis (14/08/2020).

Sehingga menurut Retno yang juga menjabat sebagai Juru Bicara Pemkot Bogor untuk Siaga Corona di Kota Bogor itu, diperlukan strategi khusus dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 di Kota Bogor, diantaranya tes massif. Sasaran utamanya adalah nakes yang merupakan kelompok paling berisiko tertular Covid-19.

Baca Juga: Hasil Swab Test 26 Nakes RSUD Bogor Negatif Corona, Kadinkes: Sisanya Belum Keluar

“Hingga saat ini kami telah melakukan pemeriksaan pegawai di puskesmas di Kota Bogor, yang meliputi tenaga kesehatan dan non tenaga kesehatan di 25 puskesmas se-Kota Bogor dan 1 Labkesda Kota Bogor,” tuturnya.

Untuk pemetaan hasil swab test positif di 9 puskesmas, yakni Puskesmas Gang Aut 3 orang, Puskesmas Cipaku 6 orang, Puskesmas Bogor Utara 7 orang, PKM Sindang Barang 4 orang, Puskesmas Tanah Sareal 2 orang, Puskesmas Merdeka sebanyak 1 orang, Puskesmas Mekarwangi 3 orang, Puskesmas Semplak sebanyak 1 orang, dan Puskesmas Pulo Armin sebanyak 3 orang.

Baca Juga: 200 Pegawai Yogya Bogor Junction Jalani Swab Test, GTPP: Pengunjung Diminta Isi Formulir Ini

“Sementara, pemetaan berdasarkan jenis tenaga adalah yang memberikan pelayanan langsung sebanyak 13 orang, pelayanan penunjang sebanyak 3 orang, pelayanan tidak langsung sebanyak 3 orang dan administrasi sebanyak 8 orang,” pungkasnya.

Penulis: Hari YD
Editor: Azwar Lazuardy

loading...
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close