NewsBogorian

Mulai Dibuka, Mal di Kota Bogor Tetap Berisiko Tinggi Dibanding Pasar Tradisional

loading...

BRO. Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menegaskan sejumlah tempat keramaian seperti mal di Kota Bogor secara bertahap mulai dibuka. Sedikitnya sudah lima mal yang dibuka yakni Bogor, Junction, Trade Mall (BTM), Lippo Mall Keboen Raya, Mall Lippo Ekalokasari dan Mall Boxies 123.

“Kenapa mal lebih ketat dibandingkan pasar tradisional karena terbukti hasil rapid test massal di pasar tradisional tak banyak yang positif Covid-19. Tapi justru di mal yang berisiko tinggi, makanya kita awasi secara ketat proses pengorganisasian mal,” kata Bima Arya, Minggu (21/06/2020).

Baca Juga: Kembali Dibuka, Begini Mal BTM Terapkan Protokol Covid-19 

Bahkan, pihaknya tak segan untuk memberikan sanksi tegar berupa pencabutan izin operasional kepada pengelola pusat perbelanjaan yang tak mentaati protokol kesehatan.

“Kita akan cabut izin operasionalnya jika pengelola pusat perbelanjaan abai terkait protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, Sri Nowo Retno menjelaskan kerumunan orang di dalam ruangan dan berpendingin ruangan (AC) jadi salah satu faktor.

Baca Juga: Kontrol Uji Coba Pengoperasian Mall, Bima Arya Pantau Lewat CCTV dari Balaikota

“Makanya banyak persyaratan sebelum mal beroperasi. Pertimbangannya banyak. Karena indoor dan pakai ruangan AC. Di indoor lebih tinggi risikonya dibanding outdoor yang kena matahari,” katanya, Minggu (21/6).

Maka dari itu, Pemkot akan terus memonitor operasional mal, terutama dalam penerapan protokol kesehatan.

“WHO saja merekomendasikan kita berkegiatan di luar ruangan. Kalau mal, risiko penularannya tinggi. Kalau di pasar lebih rendah. Kan kena matahari,” katanya.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan perkembangan terbaru angka kasus positif baru Covid-19 di Kota Bogor hingga saat ini total jumlahnya mencapai 168 orang, rinciannya sembuh 94 orang, positif aktif 57 orang dan meninggal 17 orang.

Baca Juga: Langgar PSBB Transisi, Pemkot Bogor Kembali Segel Tempat Hiburan Malam

“Hari ini jumlah pasien terkonfirmasi positif bertambah 1 kasus, pasien yang sembuh bertambah 10 orang, pasien dalam perawatan bertambah 9 pasien,” katanya.

Penulis: Redaksi Bro
Editor: Hari YD

loading...
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close