NewsBogorian

Pusat Gelontorkan Rp13 Triliun untuk Bencana di Jabodetabekpunjur, Bogor Usulkan Normalisasi Tiga DAS

loading...

BRO. Pemerintah pusat segera menggelontorkan anggaran pendapatan belanja negara (APBN) lebih dari Rp13 triliun untuk penanggulangan bencana banjir dan tanah longsor di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Puncak dan Cianjur (Jabodetabekpunjur) pada 2020-2024.

Rencana aksi tersebut terungkap dan sempat dibahas dalam rapat khusus yang dipimpin Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian bersama sejumlah kepala daerah Jabodetabek dan Cianjur secara virtual menggunakan aplikasi zoom meeting, kemarin.

Baca Juga: Ustadz Yusuf Mansur Ajak Warga Bogor Berbagi di Tengah Pandemi, Ade Yasin: Usia 538 Tahun Sangat Kramat

Bupati Bogor, Ade Yasin yang ikut dalam rapat khusus dari Pendopo Bupati, Cibinong, Kabupaten Bogor sempat menyampaikan sejumlah kegiatan rencana aksi menyangkut penanggulangan banjir dan longsor di wilayahnya yang meliputi kawasan hulu hingga tengah sungai.

“Ada sekitar 203 kegiatan yang akan dilakukan selama periode 2020-2024. Mulai dari penataan regulasi, penataan ruang dan bangunan, pengurangan bahaya, hingga penguatan manajemen krisis,” kata Ade.

Baca Juga: 14 Rumah Rusak Berat Akibat Bencana Longsor Leuwisadeng

Namun demikian, lanjut dia, Pemkab Bogor, akan fokus pada usulan program normalisasi di Daerah Aliran Sungai (DAS) Cisadane, Ciliwung hingga Cikeas yang belakangan menjadi sorotan karena tingginya intensitas hujan hingga mengakibatkan volume air sungai naik, bahkan menimbulkan banjir bandang.

“Hanya kita belum bisa pastikan masuk atau tidaknya. Karena yang tadi disampaikan oleh sejumlah kementerian, masih global. Belum dirinci satu per satunya,” katanya.

Baca Juga: Rehabilitasi Daerah Bencana Bogor Butuh Rp 100 Miliar

Ia juga menyebutkan, ssai rapat sempat ada penandatanganan dokumen komitmen bersama untuk menangani banjir dan longsor.

“Iya tadi ada pemimpin rapat Menteri Dalam Negeri. Dihadiri juga Kepala BNPB, Menteri ATR, Kepala Bappenas, Menteri PUPR juga ada,” katanya.

Penulis: Redaksi Si Bro
Editor: Hari YD

loading...
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close