Halo BroIndeks

Mau Vaksin Gratis untuk Rakyat Indonesia? Ayo Sebarkan Petisi Ini

Oleh : Sulfikar Amir, PhD.

loading...

Ketika Covid-19 masuk ke Indonesia Maret lalu, kita punya kesempatan untuk kendalikan penyebaran Covid-19 dengan lockdown. Tapi gak dilakukan, karena pemerintah bilang biayanya mahal.

Pemerintah mengambil keputusan PSBB. Tapi itupun setengah hati. Baru berjalan sebentar, terus pemerintah bilang kita masuk ke “new normal” karena desakan ekonomi.

Akhirnya penanganan pandemi berantakan dan kini penyebaran Covid-19 tak terkendali, terburuk di Asia Tenggara. Pemerintah malah mengeluarkan uang lebih banyak, lebih dari 900 triliun rupiah untuk menangani pandemi.

Pemerintah sudah sering mengabaikan saran dokter dan ahli kesehatan dalam menangani pandemi. Satgas penanganan Covid-19 pun lebih banyak diisi oleh pengusaha dan politisi yang gagap masalah. Makanya kebijakan yang diambil sering melenceng.

Sekarang kita punya harapan lagi untuk tuntaskan Covid-19 dengan vaksin. Tapi masalahnya, pemerintah malah mau jual vaksin ke 70% masyarakat Indonesia.

Apakah 70% masyarakat itu semuanya mampu beli vaksin? Kalau mau menghentikan pandemi ini, kita harus mencapai kekebalan kolektif. Artinya setidaknya 70% orang harus divaksin.

Kalau nggak tercapai, akan percuma Azwar. Orang yang udah divaksin bisa kena virus lagi tahun depan.

Jika vaksin harus bayar, maka akan banyak orang Indonesia yang enggan untuk membeli vaksin dan ini akan memperlama penularan Covid-19 di Indonesia.

Menurut kalkulasi kami, biaya vaksin hanya 1/10 dari total anggaran penanganan Covid-19 yang sudah dikeluarkan pemerintah. Dengan program vaksinasi gratis, kita bisa akhiri pandemi ini kurang dari setahun.

Makanya saya buat petisi ini. Saya ingin Pemerintah Indonesia, khususnya Presiden Jokowi memberikan vaksin secara gratis untuk seluruh warga Indonesia tanpa terkecuali, dan hentikan komersialisasi vaksin melalui program Vaksin Mandiri yang dikelola oleh Menteri BUMN.

Negara kapitalis semacam Amerika Serikat dan Inggris aja memutuskan untuk menggratiskan vaksin. Masa Indonesia yang negara Pancasila malah mau mengkomersialisasi vaksin?

Jangan sampai negara kita jadi terbelakang karena pandemi yang terus berlangsung. Karena akan sangat mempengaruhi kesehatan masyarakat dan perekonomian di masa depan. Turis dan investor mancanegara pasti akan mikir seribu kali untuk ke Indonesia kalau kita belum bebas Covid-19 di 2021.

Bantu tandatangani dan sebarkan petisi ini ya. Kita minta vaksin gratis untuk semua rakyat Indonesia.

Sehat selalu dan terimakasih buat dukungannya, Salam.

 

Penulis adalah Pakar Sosiologi Bencana

loading...
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close