BogorianBisnisNews

BPN Kota Bogor, Sudah Serahkan 650 Sertifikat PTSL Untuk Warga Kota Bogor

Kepala BPN Kota Bogor, Ery Juliani Pasoreh ; Tahun 2021, Targetkan 5000 Sertifikat PTSL

loading...

BRO. Pembuatan Sertifikat melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) secara  nasional  digulirkan 3 tahun lalu,  BPN Kota Bogor, sudah  menyelesaikan 650  sertifikat tanah.

” Ini tahap penyerahan ke-2, lebih 300 sertifikat tanah yang diserahkan BPN Kota Bogor. Secara nasional Penyerahan Sertifikat Tanah oleh Presiden Joko Widodo, di Istana secara virtual,” ungkap Kepala BPN Kota Bogor Ery Juliani Pasoreh, usai penyerahan secara simbolis kepada masyarakat di Pelataran Balaikota Bogor.Selasa (5/1)

Menurut Kepala BPN Kota Bogor Ery Juliani Pasoreh , untuk pendaftaran dan pengukuran sertifikat sudah selesai di 2018, sehingga di 2020 ini hanya peningkatan dari kluster tiga ke kluster satu. Meski begitu, diakuinya, dari target lima ribu bidang hanya 650 bidang tanah yang memenuhi persyaratan.

“Kluster tiga ini yang lengkap persyaratannya dan tidak berada di tempat,” ujar Ery.

Ery menuturkan, di tahun 2021 ini , BPN Kota Bogor kembali menganggarkan 5 ribu bidang untuk ditingkatkan dari kluster tiga ke kluster satu. Mengingat di percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) ini tidak lagi ada Pokmas , tapi langsung melalui RT, RW kelurahan dan panitia PTSL untuk melengkapi berkas yang kurang lengkap.

“PTSL sudah tahun ke-3, jadi sudah tidak ada masalah. Di tahun pertama 2017 lalu, kan memang penyesuaian. Hanya karena pandemi covid-19, jadi tidak ada tatap muka ataupun turun ke lokasi,” imbuhnya.

Ery Juliani menerangkan, memiliki sertifikat tanah memberi keuntungan bagi warga karena memiliki kepastian hak atas tanah. Bahkan tak kalah penting bisa meningkatkan PAD Kota Bogor mengingat nomor objek pajaknya diketahui.

“ Jadi, memiliki sertifikat itu Banyak keuntungannya dan bisa dijadikan modal usaha untuk peningkatan ekonomi keluarga,” pungkas Kepala BPN Kota Bogor Ery Juliani

Penulis : Iduy.YD
Editor   : Azwar Lazuardy

loading...
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close