News

Ade Yasin Luncurkan 6.000 Ton Beras Bansos Tahap Dua kepada 200 Ribu KK

BRO. Bupati Bogor Ade Yasin meluncurkan Bantuan Sosial (Bansos) non tunai tahap dua berupa beras sebanyak 6.000 ton yang dipusatkan di Kelurahan Ciriung, Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor pada 5/8/2020). Bansos ini diperuntukan bagi 200 ribu Keluarga (KK) di 40 kecamatan.

“Bansos ini sebagai bentuk penanganan lanjutan dalam rangka perlindungan sosial terhadap masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 di Kabupaten Bogor,” kata Bupati Bogor, Ade Yasin.

Ia mengatakan, penyaluran Bansos tahap dua sebanyak enam ribu ton beras untuk 200 ribu KK yang tersebar diseluruh Kecamatan Kabupaten Bogor. Akan dilaksanakan oleh tim gabungan TNI Lanud Atang Sanjaya, Polres Bogor, Kodim, PUPR, BPBD dan Satpol PP dengan total 29 truk yang dijadwalkan selama 30 hari mendatang. Diawali wilayah Cibinong Raya yaitu Kecamatan Cibinong, Citeureup, Sukaraja, Bojonggede, dan Tajurhalang.

“Beras yang kami salurkan tahap dua ini adalah beras dengan kualitas medium, yang kami ambil langsung dari gudang bulog dramaga Kabupaten Bogor. Kita telah lakukan uji tanak. Nasinya putih bersih bagus dan layak konsumsi, tadi sudah saya coba langsung rasanya sangat enak kualitasnya juga baik,” tegas Ade Yasin.

Tambah Ade Yasin, peluncuran Bansos tahap dua sebanyak enam ribu ton beras untuk 200 ribu KK yang tersebar diseluruh Kecamatan Kabupaten Bogor. Bansos tahap kedua yang didanai menggunakan Anggaran Pendapatan Daerah (APBD) Kabupaten Bogor. Untuk itu pengadaan beras tahap dua ini lebih selektif melalui kerjasama dengan perum Bulog. Guna mendapatkan beras dengan kualitas yang baik.

“Kita percaya kali ini Bulog lebih berhati-hati dan menyediakan beras dengan kualitas baik. Terlebih Bulog telah membentuk tim monitoring dan evaluasi (Monev). Untuk berkoordinasi dengan tim Pemkab Bogor, kami sepakat bahwa bilamana ditemukan beras dengan kualitas tidak memenuhi standar. Dapat dilakukan penukaran 100 persen dan akan langung diganti,” ujarnya.

Ditempat yang sama, kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bogor, Nuradi menuturkan, Bansos non tunai tahap dua diberikan dalam bentuk beras 30 kilogram per Keluarga Rumah Tangga Sasaran (KRTS). Pada penyaluran bansos tahap dua ini, Pemkab Bogor kembali bekerjasama dengan perusahaan umum Bulog.

“Rencana penyaluran Bansos tahap dua ini akan mulai disalurkan mulai hari ini 5 Agustus sampai 10 September 2020. Untuk pengiriman dimulai dari Kecamatan Cibinong dengan jumlah 414.420 Kilogram beras untuk 13.814 KK, yang kita awali dari kelurahan Ciriung sebanyak 6.330 Kg beras untuk 211 KK. Kita awali di Kecamatan Cibinong karena jumlah penerimanya paling besar di Kecamatan ini,” papar Nuradi.

 

Penulis  : Irwan Syah
Editor    : Arie Surbakti

Show More

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button